Guna Memecah Kemacetan di Tol Cijago, Dishub Depok Usul Bangun Overpass dan Pelebaran Jalan Bungur

Dadang menjelaskan, usulan itu akan disampaikan kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) serta Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT)

Guna Memecah Kemacetan di Tol Cijago, Dishub Depok Usul Bangun Overpass dan Pelebaran Jalan Bungur
warta kota
Tol Cijago Seksi II masih melalui tahan uji coba fungsional 

Untuk menyempurnakan kehadiran Tol Cinere-Jagorawi (Cijago), ada sejumlah infrastruktur pendukung yang dirasa perlu disiapkan guna memecah kemacetan.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok, Dadang Wihana, mengatakan, guna mendukung pengoperasian Tol Cijago, pihaknya mengusulkan pembangunan overpass di sekitar Jalan Raya Margonda-Juanda serta pelebaran Jalan Bungur Raya, Kukusan.

“Kita usulkan ada overpass di Jalan Juanda-Margonda, kemudian ada pelebaran di Jalan Bungur Raya sehingga crowded-nya lalulintas itu bisa teratasi,” ujar Dadang kepada awak media, Kamis (6/6/2019) kepada Wartakotalive.com.

Warga Depok Mulai Nikmati Tol Cijago Seksi 2

Selain itu, Dadang juga mengusulkan penataan di Simpang Gong Si Bolong, Beji, agar tidak terjadi penumpukan kendaraan di exit tol saat jam sibuk nantinya.

Dalam uji coba Tol Cijago Seksi II saat ini, lanjutnya, memang belum tampak adanya kepadatan kendaraan di exit tol karena uji coba dilakukan bukan pada peak hour atau jam sibuk.

“Tapi kalau nanti jam padat ketika beroperasi secara permanen, dengan kondisi sekarang pasti akan terjadi stagnasi,” tuturnya.

Dadang menjelaskan, usulan itu akan disampaikan kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) serta Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) dalam waktu dekat.

Pantauan Warta Kota di on ramp Margonda, Kamis (6/6) siang, kendaraan yang masuk Tol Cijago Seksi II mencapai 80 mobil per menit.

Belum tampak adanya antrean kendaraan ke dalam jalan tol yang akan kembali ditutup setelah 10 Juni itu.

Berdasarkan data dari PT Translingkar Kita Jaya selaku pengelola Tol Cijago, pada hari pertama uji coba tercatat ada 28.831 kendaraan yang melintas di atas aspal Tol Cijago Seksi II.

Menurut Staf Divisi Teknik Proyek Tol Cijago, Imam Desetyansa, angka itu menandakan arus lalulintas di Tol Cijago Seksi II masih lengang karena biasanya menjelang Hari Raya Idul Fitri jumlah kendaraan yang melintas Tol Cijago menurun.

“Tadi dari operasional masih evaluasi tetapi sampai hari ini masih lancar dan masih antisipasi apabila terdapat penumpukan di pintu keluar,” ujarnya.

Penulis: Gopis Simatupang
Editor: Dedy
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved