Artis

Tradisi Lebaran di Keluarga Mandra, Bagi Uang Baru Untuk Keponakan dan Saling Menukar Makanan

Mandra yang populer lewat peran Mandra sejak sinetron Si Doel Anak Sekolah hingga Si Doel The Movie ini punya kebiasaan unik saat merayakan Lebaran.

Tradisi Lebaran di Keluarga Mandra, Bagi Uang Baru Untuk Keponakan dan Saling Menukar Makanan
Warta Kota/Heribertus Irwan Wahyu Kintoko
Mandra, pemeran Mandra di Si Doel The Movie, menjelaskan rencana menggelar acara buka puasa bersama 6.000 orang di 2 masjid di Bekasi dan Tangerang di rumahnya, Perumahan Karang Indah, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Selasa (14/5/2019) petang. 

Bagi Mandra Yusuf Sulaiman (55) alias Mandra Naih, ritual perayaan Hari Idul Fitri tidak banyak berubah setiap tahunnya.

Setiap orang akan saling bersilahturahmi dan memberikan maaf satu sama lain di hari nan fitri yang dirayakan setelah satu bulan menjalankan ibadah puasa.

Pembedanya adalah kegiatan yang dilakoni setiap orang, termasuk Mandra, ketika Lebaran.

Mandra tiba-tiba menangis di teras W Hotel, Dam Square, Amsterdam, Belanda, menjelang pemutaran perdana Si Doel The Movie di Bioskop Pathe Tuschinski, Amsterdam, 21 Juli 2018. Mandra menangis karena teringat mendiang Benyamin Sueb.
Mandra tiba-tiba menangis di teras W Hotel, Dam Square, Amsterdam, Belanda, menjelang pemutaran perdana Si Doel The Movie di Bioskop Pathe Tuschinski, Amsterdam, 21 Juli 2018. Mandra menangis karena teringat mendiang Benyamin Sueb. (Warta Kota/Heribertus Irwan Wahyu Kintoko)

Setahun lalu misalnya, Mandra masih berlebaran bersama keluarga di rumah, sebelum 'terbang' ke Amsterdam, Belanda, untuk memutarkan perdana Si Doel The Movie di Bioskop Pathe Tuschinski pada 21 Juli 2018.

Di Lebaran tahun ini, jadwal Mandra yang sejak 1992 memainkan peran Mandra, paman Kasdullah alias Si Doel di sinetron Si Doel Anak Sekolahan, itu sudah sangat padat.

Meski Asli Jakarta Keluarga Si Doel Berencana Mudik, Mandra: Pulang Kampung ke Cibubur

Rano Karno: Selain Tim Sarah dan Zaenab, Ada Kubu Atun dan Mandra Cerita Si Doel The Movie 2

Mandra bersama para pemain Si Doel The Movie tidak bisa banyak mendapatkan hari libur panjang usai Lebaran karena Si Doel The Movie 2 diputar bersamaan dengan Hari Idul Fitri 1440 Hijriyah yang dirayakan Rabu-Kamis (5-6/6/2019).

Sebelum Lebaran dan sehari setelah perayaan Idul Fitri, mulai Jumat (7/6/2019), Mandra dan Keluarga Si Doel mulai melanjutkan kegiatan promosi Si Doel The Movie 2 di banyak kota di Indonesia.

Rano Karno, Mandra, Suti Karno dan Maudy Koesnaedi ketika mengantar para pemudik di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (29/5/2019) siang.
Rano Karno, Mandra, Suti Karno dan Maudy Koesnaedi ketika mengantar para pemudik di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (29/5/2019) siang. (Warta Kota/Heribertus Irwan Wahyu Kintoko)

"Lebaran tahun ini ya begini aja, seperti biasa," kata Mandra ketika berbincang disela silahturahmi bersama Keluarga Si Doel di rumah Rano Karno (58) di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Kamis siang.

"Tentu silahtuhrahmi pasti dan harus karena itu budaya," lanjutnya.

"Kalau yang tua silahturahmi, anak-anaknya pasti nyari amplop kan ya. Ini juga bagian dari tradisi, dan jadi daya tarik buat anak-anak biar ikut silahturahmi orangtuanya," kata Mandra.

Si Doel The Movie 2 Tayang Bersama 4 Film Lebaran Lain, Rano Karno: Si Doel Punya Penonton Fanatik!

Sibuk Promo Si Doel The Movie 2, Rano Karno Belum Sempat Menulis Cerita Lanjutan Si Doel The Movie 3

Halaman
12
Penulis: Irwan Wahyu Kintoko
Editor: Irwan Wahyu Kintoko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved