Lebaran

Berkah Idul Fitri, 872 Napi Rutan Depok Dapat Remisi, Ini Nama-nama 14 Napi yang Langsung Bebas

Ratusan warga binaan pemasyarakatan (WBP) meneteskan air mata ketika mendengar nama mereka disebut sebagai penerima remisi.

Berkah Idul Fitri, 872 Napi Rutan Depok Dapat Remisi, Ini Nama-nama 14 Napi yang Langsung Bebas
Istimewa
Berpose dalam rangkaian acara pengumuman remisi dan penyerahan SK remisi bebas di Rutan Depok, Rabu (5/6/2019). Sebanyak 872 WBP Rutan Kelas IIB Depok mendapat remisi khusus Hari Raya Idul Fitri, 14 di antaranya langsung bebas. 

Keputusan remisi khusus itu dibacakan Bawono seusai pelaksanaan salat Idul Fitri yang diikuti seluruh WBP muslim di Masjid Baiturrahman, Rutan Depok.

SEBANYAK 872 narapidana atau Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang menghuni Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Depok mendapatkan Remisi Khusus (RK) dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah.

Kepala Rutan Kelas IIB Depok Bawono Ika Sutomo menjelaskan, ratusan WBP itu menerima remisi atau pengurangan masa tahanan karena telah memenuhi syarat, yakni berkelakuan baik dan telah menjalani pidana minimal enam bulan.

Dari 872 WBP Rutan Depok yang memperoleh remisi khusus dari Kementerian Hukum dan HAM RI, sebanyak 14 orang di antaranya mendapatkan remisi langsung bebas.

"Jumlah total narapidana ada 1.208 jiwa, sebanyak 872 WBP mendapatkan Remisi Khusus (RK) Hari Raya. Yang mendapatkan RK I (pengurangan sebagian) sebanyak 858 WBP dan yang mendapatkan RK II (langsung bebas) 14 WBP," kata Bawono di Rutan Depok, Cilodong, Rabu (5/6/2019).

Penyerahan SK remisi bebas di Rutan Depok, Rabu (5/6/2019). Sebanyak 872 WBP Rutan Kelas IIB Depok mendapat remisi khusus Hari Raya Idul Fitri, 14 di antaranya langsung bebas.
Penyerahan SK remisi bebas di Rutan Depok, Rabu (5/6/2019). Sebanyak 872 WBP Rutan Kelas IIB Depok mendapat remisi khusus Hari Raya Idul Fitri, 14 di antaranya langsung bebas. (Istimewa)

Keputusan remisi khusus itu dibacakan Bawono seusai pelaksanaan salat Idul Fitri yang diikuti seluruh WBP muslim di Masjid Baiturrahman, Rutan Depok.

Sontak, ratusan WBP meneteskan air mata ketika mendengar nama mereka disebut sebagai penerima remisi.

Bawono menuturkan, salat id bersama sekaligus pengumuman remisi khusus itu ditujukan sebagai bentuk pengikat tali silaturahmi antarwarga binaan dengan jajaran petugas Rutan Depok, serta bentuk transparansi dalam hal pengurusan remisi bagi warga binaan.

Usai dibacakan, ke-14 WBP yang mendapatkan remisi langsung bebas, menerima Surat Keputusan (SK) pemberian remisi khusus atau RK II dalam rangka Hari Raya Idul Fitri.

SK tersebut diserahkan Kepala Rutan Depok Bawono Ika Sutomo, Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan Puang Dirham, Kepala Pelayanan Tahanan Rutan Depok Boy Guntur Sahara, dan Kasubsi Pengelolaan Bambang Punto Herdiyanto.

Halaman
12
Penulis: Gopis Simatupang
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved