Pemudik Boleh Bawa Kerabat ke Depok, Tapi Ada Syaratnya

Wakil Wali Kota Depok tidak melarang warganya membawa kerabat ke Depok saat pulang mudik dari kampung halaman, mamun, ada syarat yang mesti dipenuhi.

Pemudik Boleh Bawa Kerabat ke Depok, Tapi Ada Syaratnya
Warta Kota/Gopis Simatupang
Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna 

WARTA KOTA, DEPOK--- Saat ini, sebagian warga Kota Depok sedang pulang kampung halaman masing-masing untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri 1440 H bersama keluarga.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, saat tiba waktunya untuk kembali, biasanya ada saja pemudik yang membawa keluarga atau kerabat untuk mengadu nasib di Kota Depok.

Depok yang berpenduduk lebih dari 2 juta jiwa saat ini merupakan salah satu kota dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tertinggi di Indonesia.

Hari Pertama Libur Lebaran, Warga Luar Jakarta Serbu Ancol Taman Impian

Berdasarkan data BPS Provinsi Jawa Barat baru-baru ini, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Depok tahun 2018 sebesar 80,29.

Angka tersebut meningkat dari tahun sebelumnya yaitu di angka 79,83.

Dengan demikian status pembangunan manusia di Kota Depok meningkat dari status tinggi menjadi sangat tinggi.

Suka Ilmu-ilmu Sosial, Ini 5 Jurusan Paling Favorit

Seperti disampaikan Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna, posisi Depok sebagai penyangga Ibu Kota DKI Jakarta membuatnya berkembang pesat dari sekadar kota pinggiran biasa menjadi kota metropolitan baru.

Lihat saja, dalam 10 tahun terakhir di Kota Depok berdiri banyak mal dan apartemen, perumahan, hingga Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) untuk menunjang kehidupan warganya.

Pradi tidak melarang warganya membawa kerabat ke Depok saat pulang mudik dari kampung halaman.

5 Program Studi Favorit di Kelompok Sains dan Teknologi

Namun, ada syarat yang mesti dipenuhi.

"Iya, ini sangat penting sekali ya. Depok ini kan sekarang sudah menjadi kota tujuan untuk meningkatkan taraf hidup dan sebagainya. Tapi mohon maaf, ada syaratnya, harus punya kompetensi," kata Pradi kepada Warta Kota, Rabu (5/6/2019).

Ada pun kompetensi standar untuk dapat mengadu nasib di perkotaan antara lain memiliki ijazah perguruan tinggi atau minimal SMK, atau setidak-tidaknya memiliki keahlian yang dibutuhkan oleh para pemberi kerja.

Mengajukan Visa ke Amerika Serikat? Simak Peraturan Baru untuk Dapat Visa

"Kalau enggak punya kompetensi nanti jadi beban juga buat kami," kata Pradi.

Meski tidak menyebut akan ada operasi yustisi kependudukan nantinya, Pradi berharap imbauannya ini menjadi bahan pertimbangan warga Depok yang berencana membawa serta kerabatnya untuk hidup di kota belimbing itu.

Setelah 33 Tahun, Chernobyl Menarik Minat Wisatawan: Berniat Datang ke Sana?

Penulis: Gopis Simatupang
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved