Film

Meski Banyak yang Membuat Film Lanjutan, Tidak Semua Sekuel Mampu Meraih Sukses Seperti Film Pertama

Banyak film lanjutan diproduksi mengikuti sukses film pertamanya. Namun, film kedua biasanya tidak sesukses film pertama saat diputar di bioskop.

Meski Banyak yang Membuat Film Lanjutan, Tidak Semua Sekuel Mampu Meraih Sukses Seperti Film Pertama
Kompas.com/Dian Reinis Kumampung
Maudy Koesnaedi, Rano Karno dan Cornelia Agatha dalam jumpa pers syukuran film Si Doel The Movie di kawasan Karang Tengah, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Rabu (7/3/2018). 

Industri film Indonesia terus berkembang. Sejak awal Januari hingga Mei 2019, tercatat 70 film lokal diputar di seluruh bioskop Indonesia.

Pengamat film Indonesia, Yan Wijaya, bahkan memperkirakan jumlah film yang akan diputar di bioskop Tanah Air mencapai 350 judul, baik lokal maupun mancanegara.

Setahun lalu, bioskop memutarkan 132 judul film, atau 15 judul lebih banyak daripada film yang diputar sepanjang 2017 yang berjumlah 117 judul film lokal.

Syuting film.
Syuting film. (istimewa)

Diantara film-film tersebut, beberapa rumah produksi juga membuat sekuel, alias film yang dibuat untuk melanjutkan cerita film sebelumnya.

Sekuel biasanya dibuat seiring suksesnya film pertama selama ditayangkan di bioskop.

Meski banyak yang membuat film lanjutannya, tidak semua sekuel mampu meraih sukses seperti film pertamanya ketika kembali diputar di bioskop.

Pesan Dwi Sasono dan Widi Mulia ke Widuri Putri Sasono: Syuting Film itu Harus Menyenangkan

Film Apa yang Disenangi dan Banyak Ditonton Pencinta Film Indonesia Selama Libur Lebaran 2019?

Saat libur Lebaran 2019 misalnya, tiga dari lima film yang ditayangka bioskop mulai Selasa (4/6/2019) ini adalah film sekuel.

Ada Si Doel The Movie 2, Single 2 dan Kuntilanak 2.

Si Doel The Movie 2 digarap sutradara Rano Karno untuk melanjutkan kisah Si Doel yang belum selesai di Si Doel The Movie (2018).

Rano Karno, Mandra, Suti Karno dan Maudy Koesnaedi ketika mengantar para pemudik di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (29/5/2019) siang.
Rano Karno, Mandra, Suti Karno dan Maudy Koesnaedi ketika mengantar para pemudik di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (29/5/2019) siang. (Warta Kota/Heribertus Irwan Wahyu Kintoko)

Single 2 juga dibuat sutradara Raditya Dika setelah sebelumnya sukses membuat Single (2015) dan Kuntilanak 2 dirilis kembali di bioskop seiring sukses Kuntilanak (2018).

Halaman
123
Penulis: Irwan Wahyu Kintoko
Editor: Irwan Wahyu Kintoko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved