Mudik Lebaran

Kepada para Pemudik, Wali Kota Depok: Ingatkan Sopir untuk Istirahat 4 Jam Sekali

Untuk menjamin keselamatan pemudik asal Kota Depok, setiap awak bus wajib menjalani tes kesehatan dan tes urine di Terminal Bus Jatijajar Kota Depok.

Kepada para Pemudik, Wali Kota Depok: Ingatkan Sopir untuk Istirahat 4 Jam Sekali
Istimewa
Terminal Bus Tipe A Jatijajar, Jalan Raya Bogor, Tapos, Kota Depok. 

"Pesan saya kepada pemudik untuk tetap menjaga ketertiban ketika di jalan. Jangan lupa untuk mengingatkan kepada sopir untuk beristirahat 4 jam sekali. Walaupun pemeriksaan semua sopir sehat, namun jangan sampai kelelahan."

SEPERTI tahun-tahun sebelumnya, sebagian warga Kota Depok turut ambil bagian dalam tradisi mudik untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri di kampung halaman.

Salah satu moda transportasi yang telah sejak lama menjadi favorit masyarakat adalah bus, yang cocok untuk pemudik jarak dekat dan menengah serta cenderung berbiaya murah.

Untuk menjamin keselamatan pemudik asal Kota Depok, setiap awak bus wajib menjalani tes kesehatan dan tes urine di Terminal Bus Tipe A Jatijajar Jalan Raya Bogor Tapos Kota Depok.

Meski para sopir bus telah menjalani serangkaian pemeriksaan, Wali Kota Depok Mohammad Idris Abdul Shomad meminta para penumpang untuk mengingatkan sopir agar berhati-hati dalam perjalanan.

"Pesan saya kepada pemudik untuk tetap menjaga ketertiban ketika di jalan. Jangan lupa untuk mengingatkan kepada sopir untuk beristirahat 4 jam sekali. Walaupun pemeriksaan semua sopir sehat, namun jangan sampai kelelahan," ujar Idris, Senin (3/6/2019).

Idris menyampaikan, Pemerintah Kota Depok telah menjadwalkan pemeriksaan armada beserta awak bus serta menyiagakan petugas kesehatan, dokter dan perawat sejak H-7 hingga H+7 Lebaran.

Sopir pengganti

Di sisi lain, Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok Novarita, menyarankan para sopir untuk beristirahat tiap empat jam atau bergantian dengan sopir pengganti.

Dia juga meminta para awak bus untuk memerhatikan pola makan selama arus mudik hingga balik nantinya.

"Perlu juga makan makanan seimbang sehingga lebih fit dan juga harus banyak minum," kata Novarita di Terminal Bus Tipe A Jatijajar Kota Depok.

Pemeriksaan kesehatan bagi sopir, menurut dia, sangat penting karena keselamatan jiwa para penumpang ada di tangan sopir tersebut.

Terkait tes urine, Novarita menegaskan hasil tes seluruh sopir negatif narkoba.

Tiap harinya, jelas Novarita, ada delapan petugas kesehatan dari Dinkes yang bertugas memeriksa kesehatan, tak hanya awak bus, namun juga para calon penumpang yang membutuhkan layanan kesehatan.

"Kalau ada pemudik yang perlu bantuan kesehatan kami siap memberikan pertolongan," katanya.

Selain di Terminal Jatijajar, imbuhnya, Dinkes turut menyiapkan Posko Kesehatan di Pintu Tol Cijago, Margo City, Pos Pengamanan (Pospam) Margonda, Simpang Sengon, Simpang Dinasty Cinere, serta Simpang Cibubur.

Penulis: Gopis Simatupang
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved