Waspadai Maling Rumsong, Pelakunya Berlagak Jadi Pemulung, Pedagang Keliling, dan Pengantar Koran

Jika pemilik rumah melapor untuk mudik, maka petugas polisi akan lebih sering patroli di rumah yang kosong tersebut,”

Waspadai Maling Rumsong, Pelakunya Berlagak Jadi Pemulung, Pedagang Keliling, dan Pengantar Koran
Warta Kota/Muhammad Azzam
Kasubag Humas Polres Metro Bekasi Kota, Kompol Erna Ruswing, kepada Warta Kota di Mapolrestro Bekasi, Selasa (9/4/2019) 

Musim mudik lebaran biasanya rawan terjadi pencurian di rumah kosong (rumsong) yang ditinggal pergi penghuninya.

Kasubag Humas Polrestro Bekasi Kota, Komisaris Polisi Erna Ruswing Andari mengatakan, para maling sudah memiliki beberapa modus untuk mengintai rumah apakah rumah tersebut kosong atau tidak.

Misalnya mereka berpura-pura menjadi pemulung, pedagang keliling, pengantar koran dan sebagainya.

Untuk modus sebagai pemulung sampah atau pedagang, biasanya mengintai rumah dengan melihat lampu rumah menyala terus pada siang hari.

Kemudian untuk modus pengantar koran, biasanya pelaku melihat apakah koran yang diantarnya diambil pemilik rumah atau tidak.

“Kalau lampu rumah terus menyala dan koran tidak diambil pemilik, kemungkinan dalam keadaan kosong,” ujar Erna pada Senin (3/6/2019) kepada Wartakotalive.com.

Erna mengimbau bila masyarakat ada menemukan gelagat orang yang mencurigakan, agar segera melapor ke polisi. Ia berjanji polisi akan menindaklanjuti laporan yang diterima dari masyarakat.

Dalam kesempatan itu Erna juga meminta kepada masyarakat untuk lebih waspada dan menitipkan huniannya kepada pihak keamanan di sekitar lingkungan rumah.

Mereka juga bisa menitipkan huniannya kepada keluarga ataupun tetangga yang tidak mudik lebaran.

“Lewat Bhabinkamtibmas kami juga sudah berpesan kepada pemilik rumah yang akan mudik, agar melapor ke perangkat RT dan RW di rumahnya.

Jika pemilik rumah melapor untuk mudik, maka petugas polisi akan lebih sering patroli di rumah yang kosong tersebut,” kata Erna.

881 personel

Untuk mengamankan wilayah selama mudik Lebaran, pihak Polrestro Bekasi Kota mengerahkan 881 personel dalam Operasi Ketupat Jaya 2019.

Tidak hanya mengatur perjalanan pemudik dari arah barat ke timur saja, namun mereka juga dikerahkan untuk mengantisipasi praktik pencurian rumah kosong (rumsong) yang ditinggal pemiliknya untuk mudik lebaran.

Komisaris Erna Ruswing Andari mengatakan, ratusan personel itu tidak hanya ditempatkan di 10 titik pos pengamanan saja yang ada di Kota Bekasi. Namun berkeliling ke permukiman warga.

Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor:
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved