Mudik Lebaran

Tip Mudik Lebaran, Sepelekan Tekanan Udara Ban Nyawa Bisa Melayang, Jangan Remehkan

Komponen mobil yang sering terlupakan disiapkan adalah mengecek kondisi tekanan udara pada ban kendaraan yang akan digunakan untuk mudik.

Tip Mudik Lebaran, Sepelekan Tekanan Udara Ban Nyawa Bisa Melayang, Jangan Remehkan
Carmudi
ILUSTRASI Mengecek tekanan udara ban mobil 

"Apalagi di jalan tol yang cenderung kecepatan tinggi, saat ban pecah pengendara bisa langsung hilang kendali karena mobil yang dikendarai mendadak liar tak terkendali..."

PERSIAPAN mudik pakai mobil pribadi tak sekadar mengecek dan menyiapkan mesin dan lampu-lampu mobil tersebut, tetapi juga komponen lainnya.

Nah, komponen lain yang sering terlupakan disiapkan adalah mengecek kondisi tekanan udara pada ban kendaraan yang akan digunakan untuk mudik.

Kepala Bengkel Nasmoco Kaligawe Bayu Prasetya, mengingatkan, bila ban mobil memiliki peran yang tak bisa diremehkan, terutama ketika sedang menempuh perjalanan jauh seperti halnya mudik melintas Tol Trans Jawa.

"Beberapa waktu lalu cukup banyak kejadian kecelakaan yang didominasi pecah ban ketika lewat Trans Jawa, termasuk ruas Semarang-Solo ini," tuturnya.

Tip Mudik Lebaran, Tol Trans Jawa Minim Penerangan, Pemudik Jangan Remehkan Lampu-lampu Mobil

Tip Mudik Lebaran, Lebih Baik Mengemudi di Malam atau Siang Hari ya? Ini Jawabannya

ILUSTRASI Mengecek tekanan udara ban mobil. Pengecekan ini sangat penting sebelum kendaraan digunakan berjalan jarak jauh.
ILUSTRASI Mengecek tekanan udara ban mobil. Pengecekan ini sangat penting sebelum kendaraan digunakan berjalan jarak jauh. (Kompas.com)

"Rata-rata pecahnya karena tekanan udara ban yang tidak sesuai atau kurang," kata Bayu kepada Kompas.com di Semarang, beberapa waktu lalu.

Bayu menjelaskan, ban yang kekurangan tekanan udara lebih mudah mengalami kerusakan seperti pecah.

Potensi bahaya akan makin tinggi bila kejadian tersebut berlangsung di ruas tol karena laju kendaraan umumnya akan lebih cepat dibandingkan jalan arteri.

Ketika ban pecah dalam kecepatan mobil yang cukup tinggi, otomatis pengemudi akan sangat sulit mengendalikan kendaraan bahkan cenderung langsung kehilanggan kontrol yang membuat kecelakaan tak bisa dihindari.

Terlebih pada ruas tol yang tim Merapah Trans Jawa 4.0 temui, ternyata tak semuanya mulus.

Halaman
12
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved