Mudik Lebaran

Sebanyak 30.000 Pemudik Telah Berangkat dari Terminal Induk Bekasi Untuk Mudik Lebaran

Para pemudik yang berangkat dari Terminal Induk Bekasi, hanya jarak dekat seperti Bandung, Garut dan Tasikmalaya, Jawa Barat.

Sebanyak 30.000 Pemudik Telah Berangkat dari Terminal Induk Bekasi Untuk Mudik Lebaran
Warta Kota/Muhammad Azzam
Suasana mudik Lebaran 2019 di Terminal Induk Bekasi, Kota Bekasi, Senin (3/6/2019). Porter di Terminal Induk Bekasi ini menentukan tarif angkut Rp 20.000. 

Sebanyak 30.000 pemudik telah meninggalkan Bekasi. Mereka berangkat ke kampung halamannya masing-masing naik bus dari Terminal Induk Bekasi.

Kepala Unit Pengendalian Operasional pada Terminal Induk Kota Bekasi Acim Maulana mengatakan, sejak H-7 29 Mei 2019, tercatat ada sekitar 30.000 pemudik yang menjadi penumpang bus dari Terminal Induk Bekasi.

"Kalau hari ini diprediksi bakal sepi ya karena sudah puncak ramainya beberapa hari lalu yakni H-5 dan H-4 kemarin itu mencapai 7-8.000 penumpang sehari. Kemarin saja hanya sekitar 4.000," kata Acim, Senin (3/6/2019).

Acim mengatakan, H-2 sudah tidak akan terjadi lonjakan penumpang.

Sementara itu, para pemudik yang berangkat dari Terminal Induk Bekasi, hanya jarak dekat seperti Bandung, Garut dan Tasikmalaya, Jawa Barat.

Mudik Lebaran, Kuli Panggul Terminal Bekasi Bermunculan dan Paksa Pemudik Bayar Tarif Tinggi

Lelah dan Lesu Tiba di Kampung Halaman, Minum Teh Jenis Ini Untuk Mengembalikan Semangat Anda

Jagung Bakar dan Jagung Manis, Ini Kandungan Gizi dan Manfaatnya Untuk Kesehatan Tubuh

"Pemudik yang jauh-jauh sudah tidak ada, kayak ke Sumatera dan Jawa Tengah atau Jawa Timur. Sekarang masih ada pemudik paling ke Bandung, Garut atau Tasik," katanya.

Acim juga memastikan, ketersediaan bus hingga saat ini masih cukup dan tidak sampai terjadi kekurangan bus.

"Alhamdulillah bus cukup ya, 450 bus ditambah 100 bus cadangan. Itu semua cukup dan tidak ada yang sampai tidak kebagian bus," ujarnya.

Meski begitu, kata Acim, Terminal Induk Bekasi tidak terdampak siginifikan peningkatan penumpang pada saat musim mudik Lebaran 2019.

"Kurang berdampak ya, kita paling ada kenaikan 20 persen saja. Relatif sepi mungkin karena banyak mudik gratis ya, banyak yang naik kendaraan pribadi juga atau moda transportasi lain," ujarnya.

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved