Bulan Suci Ramadan

Pemantauan Hilal Juga Dilakukan di Masjid Musyari'in, Kembangan, Jakarta Barat

Lembaga Falakiyah Pondok Pesantren Al-Hidayah Basmol mengunakan dua metode dalam penentuan hilal ini yaitu mengunakan tropong dan juga secara manual p

Pemantauan Hilal Juga Dilakukan di Masjid Musyari'in, Kembangan, Jakarta Barat
Warta Kota
Pemantauan Hilal di Masjid Musyari'in, Kembangan, Jakarta Barat 

Sejumlah petugas dari Lembaga Falakiyah Pondok Pesantren Al-Hidayah Basmol melaksanakan pemantauan hilal menjelang bulan Qomariah Syawal 1440 Hijriyah di Masjid Musyari'in, Kembangan, Jakarta Barat.

Pemantauan hilal ini juga dihadiri oleh perwakilan Kementerian Agama dan juga beberapa santri Pesantren Al-Hidayah sebagai bentuk pembelajaran ilmu pemantauan hilal dimassa yang akan datang.

Menjelang sore hari, lokasi pemantauan yang terletak di lantai paling atas masjid sudah dipenuhi oleh beberapa warga maupun santri yang ingin melihat bagaimana metode penentuan hilal ini.

VIDEO: Ratusan Warga Senang Mudik Gratis ke Kepulauan Seribu

Lembaga Falakiyah Pondok Pesantren Al-Hidayah Basmol mengunakan dua metode dalam penentuan hilal ini yaitu mengunakan tropong dan juga secara manual pandangan mata.

"Untuk titik tempat rukyatul hilal di Basmol sampai saat ini belum terlihat. Tapi kami masih terus memantau," kata tokoh masyarakat sekaligus pengurus Masjid Musyari'in, Sarnubi Arsyad, Selasa (3/6/2019).

Masjid Musyari'in sendiri juga sudah turun temurun sejak 1958 melakukan pemantauan hilal dalam menentukan 1 ramadan dan juga bulan syawal hari raya idul fitri. (JOS)

Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved