Bulan Suci Ramadan

Ketinggian Bulan Kecil Rukyatul Hilal di Basmol Tak Terlihat

"Karena ketinggian bulan 0 derajat 5'50,01" hilal tidak bisa dilihat. Jadi faktor cuaca dan ketinggian bulan yang masih kecil jadi hilal tidak terliha

Ketinggian Bulan Kecil Rukyatul Hilal di Basmol Tak Terlihat
Warta Kota
Pemantauan Hilal di Masjid Musyari'in, Kembangan, Jakarta Barat, 

Pengurus DKM Masjid Musyari'in, Mawardi mengat akan dari hasil pemantauan hilal bersama Lembaga Falakiyah Pondok Pesantren Al-Hidayah Basmol di Masjid Musyari'in, Kembangan, Jakarta Barat, jika hilal tidak terlihat.

Hasil pemantauan ini disampaikan setelah melakukan pemantauan hingga adzan maghrib, namun karena ketinggian bulan kecil, hilal tidak dapat terlihat.

"Karena ketinggian bulan 0 derajat 5'50,01" hilal tidak bisa dilihat. Jadi faktor cuaca dan ketinggian bulan yang masih kecil jadi hilal tidak terlihat," kata Mawardi, Selasa (3/6/2019).

VIDEO: Ratusan Warga Senang Mudik Gratis ke Kepulauan Seribu

Karena hilal tidak terlihat maka pihaknya masih akan melaksanakan ibadah puasa esok hari, dan mengenapkan bulan puasa menjadi 30 hari. Meski tidak terlihat pihaknya juga tidak akan melakukan pemantauan hilal pada esok hari.

"Karena tidak terlihat Insyaallah selasa kami masih melakukan ibadah puasa.
Jadi atas hasil ini sikap kami dengan kondisi rukyatul hilal maka tetap melakukan ibadah puasa," ujarnya.

VIDEO: Fortuner Pakai Plat Polisi Ternyata Dikemudikan Kevin Kosasih, Pelajar Warga BSD

 Kepala Syariah Kantor Kementerian Agama Jakarta Barat, Saiful Anam mengatakan dari hasil pemantauan rukyatul hilal di Basmol, pihaknya segera menyampaikan ke Kementerian Agama atas hasil ini.

"Kami kementrian agama Jakarta Barat tadi telah diputuskan hasil musyawarah rukyatul hilal. jadi kita istiqmal atau mengenapkan bulan puasa selama 30 hari," ucapnya. (JOS)

Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved