Bulan Suci Ramadan

Banyak Mudik Gratis, Perusahaan Otobus Mengaku Omzet Menurun

"Ya jelas kami kecewa, sudah masih banyak terminal bayangan, ada program mudik gratis juga. Setiap tahun terjadi penurunan penjualan tiket," ujarnya.

Banyak Mudik Gratis, Perusahaan Otobus Mengaku Omzet Menurun
Warta Kota
Bus AKAP di Terminal Pulogebang Jakarta Timur 

 Para perwakilan PO Bus di Terminal Terpadu Sentra Pulogebang mengaku omzet pendapatan tiket pada musim Lebaran 2019 kali ini, mengalami penurunan sekira 20 persen.

Faktor penurunan omzet penjualan tiket terjadi lantaran banyaknya program mudik gratis yang dilakukan oleh pemerintah dan sejumlah perusahaan swasta.

"Karena ada program mudik gratis, menyebabkan pendapatan kami turun di Pulogebang. Karena penumpang pada berpergian menggunakan bus-bus bantuan itu," ucap Rahmat perwakilan PO Bus Safari Jaya di Terminal Terpadu Sentra Pulogebang, Cakung, Jakarta Timur, Senin (3/6).

VIDEO: Ratusan Warga Senang Mudik Gratis ke Kepulauan Seribu

Kondisi tersebut, sambung Rahmat, terjadi di setiap tahun menjelang Lebaran. Ia beserta perwakilan PO Bus lain yang menjual tiket di Terminal Terpadu Pulogebang merasa kecewa lantaran pemerintah seolah menutup mata terhadap permasalahan itu.

"Ya jelas kami kecewa, sudah masih banyak terminal bayangan, ada program mudik gratis juga. Setiap tahun terjadi penurunan penjualan tiket," ujarnya.

Sementara itu, perwakilan PO Putera Mulya Julian juga mengatakan hal yang sama. Namun demikian, ia bersama para perwakilan PO Bus tak bisa berbuat banyak.

"Ya itu kan program pemerintah ya. Mau bagaimana lagi, masa kami enggak dukung," tutut Julian.

VIDEO: Pencuri Kotak Amal Musala Nurul Amal Jatinegara Terekam CCTV

Solusinya, Julian mengharapkan agar para PO Bus di Terminal Terpadu Pulogebang juga dilibatkan dalam tender pemilihan program mudik gratis dari pemerintah.

"Yang disewakan bus-bus pariwisata, kalau bisa kami juga dilibatkan tahun depan. Bus-bus kami enggak kalah kok dengan mereka. Semua fasilitas kami perbaharui. Kami juga siap dengan persyaratan yang diajukan. Jadi kalau bisa kami juga diikutsertakan tahun depan," ucapnya.

Secara keseluruhan, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub melaksanakan kegiatan mudik gratis angkutan Lebaran, dengan menyediakan sarana angkutan sebanyak 1.243 unit bus dengan kapasitas angkut 55.935 orang.

Selain itu juga disediakan 81 unit truk dengan kapasitas angkut sepeda motor sebanyak 3.645 unit sepeda motor. Konsep yang digunakan adalah sepeda motor dinaikkan ke truk sementara orangnya naik bus, dan mudik naik bus bagi penumpangnya saja tanpa motor.

Rombongan mudik gratis diberangkatkan mulai hari ini dan hari Sabtu tanggal 1 juni 2019 dari Monumen Nasional, serta dari beberapa wilayah di antarannya Bogor, Bekasi dan Tangerang, dengan daerah tujuan, sebanyak 38 kota tujuan. Sedangkan untuk arus balik akan diselenggarakan pada kota Purwokerto, Semarang, Solo, dan Yogyakarta.

Selain penyelenggaraan mudik gratis yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan, kegiatan mudik gratis juga dilakukan oleh mitra kerja Kementerian Perhubungan, yaitu 104 BUMN dan 7 mitra kerja swasta, dengan dengan total jumlah penumpang yang diangkut sebanyak 204.572 orang. (abs)
Area lampiran

Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved