Mudik Lebaran

Masyarakat Tuntang Tawarkan Kopi Lokal di Serutdja Kopi

Minum kopi sambil menikmati pemandangan Gunung Telomoyo dan Gunung Merbabu di Desa Tuntang.

Masyarakat Tuntang Tawarkan Kopi Lokal di Serutdja Kopi
Tribun Jateng
Suasana Serutdja Kopi, Desa Tuntang, Jawa Tengah. 

Libur Lebaran adalah momen untuk menikmati kuliner di sepanjang perjalanan menunju kampung halaman.

Apalagi, sekarang ini masyarakat di kawasan pedesaan sudah sadar dengan keunikan kuliner desa mereka, dan gencarmelakukan promosi, untuk menarik wisatawan mampir.

Satu di antaranya adalah warga Dusun Praguman, Desa Tuntang, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang.

Sebagaimana diwartakan Tribun Jateng, masyarakat Desa Tuntang ingin meningkatkan perekonomian desa. Maka Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) setempat mendirikan wisata semi luar-ruang (outdoor) bertajuk 'Serutdja Kopi'.

Sesuai namanya, tentu sajian utama yang mereka tawarkan adalah kopi. Tapi, ada sajian utama lainnya yang tak kalah menggiurkan, yakni ikan bakar Danau Rawa Pening.

Tempat yang sejuk, serta olahan kopi dan ikan bakar tampaknya cocok sebagai tempat istirahat para pemudik, untuk melepas penat dan kantuk.

Direktur Bumdes Tuntang, Suwarto, mengatakan, ide pembukaan tempat wisata tersebut muncul karena desa mereka memiliki lahan seluas hampir 2 hektare. Ditambah lagi, lahan itu memiliki pemandangan yang indah, yakni menghadap Gunung Telomoyo, Gunung Merbabu, serta Danau Rawa Pening.

"Melihat itu, maka kami putuskan bersama pihak-pihak lain untuk meresmikan wisata malam ini. Bertepatan momentum libur Lebaran, agar menarik minat pengunjung terutama mereka penyuka olahan kopi dan ikan," katanya, Jumat (31/5/2019)

Menurut Suwarto, pihaknya akan terus mengembangkan Serutdja Kopi, sehingga nantinya tempat ini  tidak hanya menawarkan  kopi dan ikan, tetapi juga hotel apung di Rawa Pening.

Semula, lahan tempat Serutdja Kopi berdiri adalah lahan yang ada tidak produktif alias mangkrak. Dalam urun-rembug desa, antara pemuda desa dan pemerintah desa, muncullah ide membuka tempat minum kopi tersebut.

Halaman
12
Editor: AC Pinkan Ulaan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved