Mudik Lebaran

Inilah Penyebab Perlambatan di GT Palimanan, Menurut Kakorlantas

Terjadi perlambatan di gerbang tol Palimanan, akibat pemberlakuan one way di jalan Tol Cipali

Inilah Penyebab Perlambatan di GT Palimanan, Menurut Kakorlantas
Tribun Jabar/Ahmad Imam Baehaqi
Suasana kepadatan arus kendaraan di di GT Palimanan Tol Cipali, Kabupaten Cirebon, Sabtu (1/6/2019) malam. 

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Refdi Andri, mengakui adanya perlambatan di loket pembayaran gerbang tol (GT) Palimanan Tol Cipali.

Hal itu, katanya, terjadi sejak diberlakukan sistem one way pada tanggal 30 Mei hingga 1 Juni, atau selama tiga hari sejak dilakukan one way dari KM 70 Cikampek utama hingga KM 263 Brebes.

Sebagaimana diwartakan Tribun Jabar, ketersendatan itu, katanya, terjadi sepanjang 2 hingga 3 kilometer, atau selama 45 menit hingga 1 jam, sampai dapat terurai kembali.

"Tetapi setelah kita cermati dan menerima laporan dari pelaksana yang bertugas di sini, memang ada ketersendatan. Ini juga merupakan bagian sedikit perlambatan, sehingga yang mengarah KM 141 tidak begitu tersendat," katanya saat ditemui di GT Palimanan, Minggu (2/6/2019).

Pihaknya mengaku sudah melakukan evaluasi kebijakan one way pada pukul 06.00 WIB.

Ruas jalan yang dipakai pengemudi, termasuk rest area sepanjang tol, mengalami keseimbangan.

"Mudah-mudahan apa yang kita lakukan tidak ada hambatan. Sejak awal dilaksanakan Operasi Ketupat pun tidak ada hambatan," katanya.

Skenario one way arus mudik Lebaran 2019
Skenario one way arus mudik Lebaran 2019 (Warta Kota/Rangga Baskoro)

Sementara itu, jumlah kendaraan yang sudah melintasi gerbang Tol Cikampek Utama selama diberlakukan one way ke arah Timur atau Jawa Tengah dan Jawa Timur mencapai 300.000 kendaraan.

Hari ini Jasa Marga kembali memberlakukan rekayasa lalu lintas one way sejak pukul 06.14 WIB, dari KM 69 Gerbang Tol Cikampek Utama sampai dengan KM 414 Gerbang Tol Kalikangkung.

Corporate Communications Department Head Jasa Marga, Irra Susiyanti, mengungkapkan pemberlakuan one way di hari keempat ini dilakukan lebih awal dari rencana sebelumnya, pukul 09.00 WIB, mengikuti arahan dari Korlantas Mabes Polri.

Halaman
12
Editor: AC Pinkan Ulaan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved