Bulan Suci Ramadan

26 Ribu Lebih Pemudik Moda Bus Berangkat dari Terminal Induk Bekasi

"Kemungkinan puncak mudik sudah terjadi pada H-4 lalu, karena hari ini tidak terjadi kepadatan penumpang," kata Acim Maulana pada Ahad (2/6/2019).

Warta Kota
Suasana pemudik di Terminal Induk Kota Bekasi, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi pada Ahad (2/6/2019) siang. Pihak terminal mencatat ada 26.907 penumpang yang bertolak menggunakan angkutan bus di wilayah setempat sejak H-7 sampai H-4 Lebaran. 

Terminal Induk Kota Bekasi mencatat ada 26.907 penumpang yang bertolak menggunakan angkutan bus di wilayah setempat sejak H-7 sampai H-4 Lebaran. Para penumpang itu bertolak ke berbagai daerah di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Pulau Sumatera.

Kepala Unit Pengendalian Operasional pada Terminal Induk Kota Bekasi Acim Maulana mengatakan, puncak mudik di terminal sudah terjadi pada H-4 Lebaran atau Sabtu (1/6/2019) kemarin.

Saat itu ada 8.181 penumpang yang bertolak menggunakan bus dari terminal ini.

"Kemungkinan puncak mudik sudah terjadi pada H-4 lalu, karena hari ini tidak terjadi kepadatan penumpang," kata Acim Maulana pada Ahad (2/6/2019).

VIDEO: Momen Megawati dan SBY Bersalaman di Pemakaman Ibu Ani Yudhoyono

Acim mengatakan, sebetulnya lonjakan jumlah penumpang sudah terjadi sejak H-7 sampai H-4, dibanding hari biasanya. Pada H-7 atau Rabu (29/5/2019) ada 4.316 penumpang, lalu H-6 atau Kamis (30/5/2019) ada 6.450 penumpang.

Kemudian pada H-5 atau Jumat (31/5/2019) ada 7.960 penumpang yang bertolak dari Terminal Induk Kota Bekasi. Dengan demikian, bila ditotal secara keseluruhan jumlah penumpang dari H-7 sampai H-4 Lebaran mencapai 26.907 orang.

Pegawai Pemerintah Kota Bekasi Dilarang Terima Parcel Lebaran

"Secara grafik memang ada penambahan sekitar 20 persen dibanding hari biasa yang biasa mencapai 4.000 penumpang," ujar Acim.

Menurut Acim, Kota Tasikmalaya merupakan tujuan terbanyak dari 24 tujuan kota/kabupaten yang ada. Pada puncak mudik, ada 1.375 penumpang bus dengan tujuan Tasikmalaya.

VIDEO: Ani Yudhoyono Wafat, Al Ghazali Mengaku Sangat Sedih

Disusul tujuan Bandung dengan jumlah 1.044 penumpang. Selanjutnya diikuti tujuan Jawa mencapai 960 penumpang. "Daerah Parahyangan memang paling banyak menjadi daerah tujuan pemudik Kota Bekasi, mungkin kampung halamannya berada di Jawa Barat," ungkapnya.

Dia menambahkan, terminal telah menyiapkan 461 armada bus dari berbagai perusahaan otobus (PO). Mereka melayani beberapa tujuan seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Pulau Sumatera.

VIDEO: Jessica Milla dan Al Ghazali Tanggapi Gosip Kedekatan Mereka

Untuk menghindari kepadatan penumpang, bahkan terminal menyiapkan bus cadangan sebanyak 100 armada. Paling banyak bus disiapkan untuk rute Pulau Jawa atau Antarkota Dalam Provinsi (AKDP) dengan jumlah 273 kendaraan. Sedangkan bus Antarkota Antar Provinsi (AKAP) disediakan 188 armada.

"Kendaraan disiapkan lebih banyak untuk rute Pulau Jawa karena penumpangnya memang lebih banyak ketimbang arah Sumatera," ujarnya. (faf)

Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved