Ridwan Kamil Bantah Anggapan Soal Masjid Bersimbol Iluminati dengan Memakai Ilmu Arsitektur

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menangkis fitnah yang menyebut Masjid Al Safar penuh dengan simbol iluminati.

Ridwan Kamil Bantah Anggapan Soal Masjid Bersimbol Iluminati dengan Memakai Ilmu Arsitektur
Twitter
Masjid Al Safar di Purwakarta, Jawa Barat 

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil angkat bicara soal tudingan salah satu masjid di kawasan Purwakarta, Jawa Barat yang dianggap sarat dengan menunjukkan simbol-simbol iluminati.

Ridwan kamil memastikan, jika masjid tersebut tidak mengandung unsur iluminati. Melainkan hanya eksperimen arsitektur pada umumnya.

Hal ini dijelaskannya lewat akun twitter @ridwankamil pada Jumat (31/5/2019). “Masjid Al Safar adalah eksperimen teori lipat Folding Architecture,” ungkap pria lulusan Institute Teknologi Bandung itu.

Meski demikian, ia pun tidak menutup tafsiran siapapun mengenai bentuk Folding Architecture yang terdapat pada masjid Al Safar.

“Jika eksperimentasi bentuk itu ditafsir, ya tentu tidak bisa dihindari,” lanjutnya.

Namun Ridwan Kamil, mengingatkan umat muslim untuk tidak terlalu menghiraukan fitnah tersebut. Menurutnya, terpenting ialah ibadah kepada Tuhan.

“Tapi jika disimpulkan bahwa bentuk-bentuknya adlh menerjemahkan simbol iluminati dkk, saya kira itu tdk betul. Mari fokus saja ibadah kpd Allah,” kata mantan Wali Kota Bandung itu.

Pria yang berprofesi sebagai arsitek itu juga mengingatkan bahwa perlu bagi kebudayaan Islam melakukan usaha dalam memajukan seni dan arsitektur Islam. Hal itu agar budaya Islam semakin berkembang maju.

“Seni dalam Islam tdk memperlihatkan mahluk hidup, tapi bereksperimentasi dgn rumus geometri,” jelas pria yang akrab disapa Kang Emil itu.

Misalnya saja kata Kang Emil teori lipat Folding Architecture adalah metode mencari kekayaan geometri baru yang digunakan di Masjid Al-Safar.

Halaman
12
Penulis: Desy Selviany
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved