Bulan Suci Ramadan

Ini Rahasia Puasa Tetap Segar dan Tidak Ngantuk

Dokter Sandi mengingatkan, selama berpuasa dan sesudah lebaran nanti, memilih makanan dengan indeks glikemik rendah harus terus dipertahankan

Ini Rahasia Puasa Tetap Segar dan Tidak Ngantuk
Kompas.com
Ilustrasi sup sayur. 

PUASA sudah memasuki  hari-hari terakhir.  Apakah tubuh merasa lemas dan sering mengantuk? Apa justru tambah segar dan senang karena merasa  lebih langsing?

Medical Expert  Combiphar dr Sandi Perutama Gani mengatakan,  perubahan pola makan dan pola tidur selama bulan Ramadan seringkali membuat tubuh lemas untuk menjalankan aktivitas keseharian.

Agar tetap fit dan segar saat berpuasa, ada tiga kunci penting, yakni memilih makanana  dan minuman yang tepat, tidur yang cukup, serta tetap berolahraga.

Sebuah penelitian menyatakan menjalankan puasa selama bulan Ramadan akan meningkatkan kemampuan adaptasi tubuh untuk proses pembakaran lemak dan penyimpanan karbohidrat di dalam otot dan hati.

Dengan demikian tubuh tidak mudah lemas saat asupan glukosa rendah, karena tubuh mempunyai cadangan makanan untuk diolah.

Proses adaptasi itu akan lebih dirasakan manfaatnya apabila  kita tetap aktif  berolahraga meski sedang berpuasa.

“Kalau berpuasa kita malah sering ngantuk berarti memang kurang tidur. Tapi kalau lemas bisa karena kombinasi salah makan dan kurang tidur. Kalau puasanya senang, tubuh tetap segar dan tidak ada ngantuk,” ujar Sandi saat Combiphar Media Breakfasting di Lewis&Carroll, Kamis (9/5/2019).

Karyawan Combiphar & LesMills BodyPump Certified Diraja Permata Sutan mengatakan, menjalankan puasa membutuhkan komitmen.

Seperti juga menjalankan hidup sehat. Walaupun berpuasa, jangan jadi alasan untuk tidak olahraga.

Bila bukan karena komitmen, tentunya berpuasa akan terbawa lemas saja.

Halaman
1234
Penulis: Lilis Setyaningsih
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved