Mudik Lebaran

Camat Cilandak Instruksikan Pengurus RT RW Pantau Rumah Kosong Ditinggal Mudik Warga

RT/RW akan menanyakan kesiapan mudik dan kondisi rumahnya seperti listrik, gas, dan juga keamanan rumah yang ditinggal warganya.

Camat Cilandak Instruksikan Pengurus RT RW Pantau Rumah Kosong Ditinggal Mudik Warga
Warta Kota/Feryanto Hadi.
Kawasan RW 01 Kelurahan Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan, menjadi percontohan kesigapan tiga pilar dan warga dalam upaya mengamankan perkampungan ketika sebagian warganya mudik. 

Camat mengimbau pengurus RT dan RW di Kecamatan Cilandak melakukan pengecekan langsung terhadap rumah warga yang akan ditinggal mudik Lebaran 2019.

Pengecekan langsung ke rumah warga untuk mencegah kasus pencurian atau peristiwa kebakaran di di sekitar Cilandak.

Camat Cilandak Syamsul Idris mengatakan, dalam upaya jemput bola ini, para pengurus RT dan RW melakukan berbagai pengecekan.

Misalnya,  listrik ataupun gas di dalam rumah yang akan ditinggal penghuninya mudik Lebaran.

"Para RT ini mempunyai list yang telah mereka pegang terkait dengan keamanan utamanya keamanan rumah bagi warga yang ingin pulang kampung," kata Syamsul Idris, Jumat (31/5/2019).

" Jadi, ketika mereka mendapatkan informasi bahwa ada warganya yang ingin mudik, RT akan langsung melakukan pengecekan, dengan memberikan pertanyaan sesuai list tersebut," ujarnya lagi.

Mudik Lebaran 2019, Indomaret Berangkatkan 10.385 Pemudik ke Kota Tujuan Masing-masing

Syamsul Idris menjelaskan, RT/RW akan menanyakan kesiapan mudik dan kondisi rumahnya seperti listrik, gas, dan juga keamanan rumah yang ditinggal warganya.

"Jadi seperti sudah dicabut belum aliran listrik ke kulkas, ada colokan yang masih menempel tidak, lalu tabung gas sudah dicabut belum. Kira-kira itu lah yang menjadi konsen kita," katanya.

Syamsul menuturkan, meskipun mendasar, namun hal tersebut sangat penting karena dampak yang ditimbulkan tidak hanya merugikan diri sendiri, namun juga lingkungan sekitar.

"Coba kalau terjadi konsleting arus listrik, bisa bahaya. begitu pula dengan gas. Jadi sebelum mudik ke kampung halaman, pastikan rumah yang kita tempati itu memang sudah aman untuk kita tinggalkan sementara," ucapnya.

Tampil Natural Saat Lebaran Ala Paula Verhoeven yang Enggan Ribet Urusan Tata Rias Wajah

Halaman
12
Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved