Berita Video

VIDEO: H Minus 6 Lebaran, Terminal Kampung Rambutan Penuh Pemudik

"Saya ke Riau sama anak-istri, berangkatnya nanti jam dua, daripada ketinggalan, mendingan tunggu di sini aja," ungkap Faisal (34)

Musim mudik Lebaran telah tiba, warga Ibu Kota kembali disibukkan dengan rutinitas mudik di penghujung Bulan Ramadan. Ramainya hiruk pikuk mudik Lebaran seperti yang terlihat di Terminal Kampung Rambutan, Ciracas, Jakarta Timur pada Kamis (30/5/2019) atau H-6 Lebaran.

Suasana terminal keberangkatan mudik terbesar di Ibu Kota itu terlihat sudah dipadati pengunjung, baik tujuan jarak dekat, menengah hingga jarak jauh.

Namun, kondisi padatnya penumpang terlihat pada sisi terminal keberangkatan jarak jauh, seperti tujuan Sumatera, mulai dari Palembang, Riau hingga Medan maupun kota tujuan Jawa Timur, seperti Surabaya, Malang dan lainnya.

Walau terlihat ramai pengunjung, belum terlihat adanya antrean pembelian tiket di beberapa loket. Hanya saja, penumpang keberangkatan jarak jauh tersebut terlihat berjejalan memadati area terminal ketika menunggu kedatangan bus.

"Saya ke Riau sama anak-istri, berangkatnya nanti jam dua, daripada ketinggalan, mendingan tunggu di sini aja," ungkap Faisal (34) warga Pondok Gede, Bekasi, Jawa Barat ketika ditemui di area tunggu Terminal Kampung Rambutan pada Kamis (30/5/2019).

Alasan dirinya menghabiskan waktu lebih lama di terminal bukan tanpa alasan. Sebab menurutnya, kondisi Terminal Kampung Rambutan kini telah terlihat jauh lebih baik dibandingkan dirinya pertama kali merantau pada sekitar tahun 2003.

Dirinya yang baru lulus SMA katanya pernah beberapa kali dipalak oleh preman terminal. Kejadian tersebut katanya beberapa kali menimpanya, khususnya saat berada di Terminal Dalam Kota Kampung Rambutan.

"Kalau sekarang Alhamdulillah aman, banyak satpam sama petugas, ada provost lagi, jadi kalau ada kejadian bisa langsung lapor," ungkapnya.

Ramainya pemudik pada hari ini, H-6 Lebaran diakui Kepala Terminal Kampung Rambutan, Thofik Winanto sesuai dengan pola pergerakan mudik masyarakat setiap tahun. Pergerakan pemudik mulai dari sepekan sebelum Lebaran hingga H-5 berada di tujuan jarak jauh, seperti bus tujuan Sumatera dan tujuan Jawa Timur.

Sedangkan memasuki H-4 hingga H-2 Lebaran, pergerakan mudik akan bergeser pada keberangkatan bus tujuan jarak menengah, meliputi sejumlah kota di wilayah Jawa Tengah hingga Ciamis, Jawa Barat.

Sementara, memasuki malam takbiran hingga H+1 Lebaran, pemudik mendominasi bus tujuan jarak dekat yang meliputi, Bandung, Bogor, Tasikmalaya maupun Banten. Dalam periode waktu tersebut, bukan hanya Terminal Antara Kota Antar Provinsi (AKAP), Terminal Dalam Kota pun dipastikan ramai penumpang.

"Jadi memang polanya begitu, kalau untuk jumlahnya itu masih belum signifikan, masih di angka 8.000 orang sampai terakhir (Rabu, 29/5/2019)," jelasnya. (dwi)

Penulis: Dwi Rizki
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved