Breaking News:

Liga 1 2019

Manajer Persija Dukung Penggunaan VAR Buat Wasit di Liga 1 2019

"Intinya oke boleh pakai VAR, tapi kan itu perlu waktu dalam arti Sumber Daya Manusia (SDM)-nya juga harus dilatih," kata Ardhi

Warta Kota
Manajer Tim Persija Jakarta, Marsekal Pertama TNI AU, Ardhi Tjahjoko, Selasa (28/5/2019) di Lapangan TNI AU, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. (Foto: Warta Kota/Gisesya Ranggawari) 

 Untuk menjaga kualitas kompetisi Liga 1 2019, Komite Eksekuif PSSI memutuskan akan menggunakan Video Assistant Referee (VAR) pada setiap laga Liga 1 musim ini.

Terkait dengan hal ini, PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai operator kompetisi diminta untuk segera membuat kajian dari sisi anggaran dan insfrastruktur.

Sedangkan PSSI akan menyiapkan kajian yang terkait regulasi berdasarkan peraturan FIFA disamping mempersiapkan wasit-wasit terbaik yang memimpin pertandingan kasta Liga tertinggi.

“PSSI tentunya juga akan menyiapkan wasit-wasit terbaik yang nantinya bertugas di belakang layar dalam pengoperasian VAR,” kata Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria.

Manajer Tim Persija Jakarta, Marsekal Pertama TNI AU, Ardhi Tjahjoko sendiri menyambut baik dengan adanya usulan VAR untuk Liga 1 2019 ini.

Namun menurut Ardhi, dibalik penggunaan VAR harus terlibat wasit-wasit yang memang mempunyai ahli khusus di balik layar VAR itu.

Video Assistant Referee (VAR)
Video Assistant Referee (VAR) (istimewa)

"Intinya oke boleh pakai VAR, tapi kan itu perlu waktu dalam arti Sumber Daya Manusia (SDM)-nya juga harus dilatih," kata Ardhi kepada Warta Kota, Selasa (28/5/2019) di Lapangan TNI AU, Halim Perdanakusuma.

"Terus nanti siapa yang menentukan suatu kejadian itu boleh pakai var atau tidak harus jelas," tambah pria 51 tahun itu.

Tapi di sisi lain menurut Ardhi juga dengan adanya VAR bisa mengurangi drama yang terjadi di sepakbola, sisi baiknya pertandingan akan lebih adil jika ada keputusan kontroversial.

VIDEO: Kriss Hatta Anggap Saksi dari Jaksa Adalah Settingan

"Sekarang kan yang membuat ramai dan seru dramanya itu, tapi kan ya pasti ada plus minusnya-lah. Plusnya tidak ada klub yang dirugikan dengan keputusan wasit, minusnya drama berkurang," beber Ardhi.

Metode Video Assistant Referee (VAR) merupakan metode baru yang pertama kali diimplemantasikan FIFA pada Piala Dunia 2018 di Rusia.

Sebelum digunakan, nantinya wasit tanah air juga seperti wasit-wasit elite dunia akan mendapatkan pelatihan khusus dari FIFA, termasuk soal VAR.

Kapten Persija Andritany Harap Tidak Ada Lagi Suporter Merokok di Tribun, Demi Kenyamanan Semua

Sebagian wasit ini akan dikhususkan bekerja di belakang layar VAR yang bakal terlibat dalam keputusan-keputusan besar seperti penalti, kartu merah atau juga gol kontroversial.

VAR juga bisa digunakan ketika wasit merasa ada kejanggalan dalam pengambilan keputusannya dan perangkat pertandingan tidak yakin dalam keputusannya.

VIDEO: Gelar Perpisahan dengan Pengawal Pilpres, Sandiaga Uno Sebut Menjadi Keluarga

Wasit kemudian berkomunikasi melalui sistem cek ke VAR, setelah itu baru ditampilkan tayangan ulang VAR, bukan permintaan pemain atau tim, tapi langsung keputusan wasit. (M17)

Penulis: Gisesya Ranggawari
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved