Breaking News:

Liga 1

Klub Liga 1 Rela Patungan Jika PT LIB Belum Siap untuk Membeli Perlengkapan VAR di Liga 1

PT LIB sebagai operator liga dituntut untuk segera menyediakan perlengkapan dan wasit yang sudah dibekali pengetahuan mengenai VAR.

Penulis: Gisesya Ranggawari | Editor: Gede Moenanto
Warta Kota/Gisesya Ranggawari
Manajer Tim Persija Jakarta, Marsekal Pertama TNI AU, Ardhi Tjahjoko 

PSSI sebagai lembaga tertinggi sepakbola Indonesia akhirnya menyetujui usulan penggunaan Video Assistant Referee (VAR) pada Liga 1 2019.

PT LIB sebagai operator liga dituntut untuk segera menyediakan perlengkapan dan wasit yang sudah dibekali pengetahuan mengenai VAR.

Pada managers meeting Liga 1 pekan beberapa waktu lalu juga sudah dibicarakan terkait adanya usulan VAR di Liga 1, dan 18 tim di Liga 1 siap jika harus 'patungan' untuk adanya VAR.

"Kemarin di managers meeting sudah kami singgung (VAR)," ujar Manajer Tim Persija Jakarta, Marsekal Pertama TNI AU, Ardhi Tjahjoko, Rabu (28/5/2019) kepada Warta Kota.

"Di managers meeting juga semua klub siap kok jika dimintai dana untuk bikin VAR kita tiap klub siap kasarannya patungan-lah kita siap. Karena kemarin dari LIB belum siap untuk itu," imbuhnya.

BUMN Melepas Sejumlah 1900 Pemudik yang Menggunakan Kapal Laut di Pelabuhan Tanjung Priok

Persija Jakarta sendiri sebagai juara bertahan melalui Ardhi sebagai manajer tim juga mengaku tidak keberatan jika harus memotong dana subsidi klub sebesar Rp 7,5 Miliar itu.

"Kami juga tidak keberatan kalau harus memotong subsidi klub, tidak apa-apa silakan saja kalau dipotong untuk VAR," jelas Ardhi yang sudah mendampingi Persija selama tiga musim itu.

Lebih lanjut Ardhi menilai dibalik penggunaan VAR juga harus terlibat wasit-wasit yang memang mempunyai ahli khusus berada di balik layar VAR itu.

"Intinya oke boleh pakai VAR, tapi kan itu perlu waktu dalam arti Sumber Daya Manusia (SDM)-nya juga harus dilatih," ucap manajer 51 tahun itu.

"Terus nanti siapa yang menentukan suatu kejadian itu boleh pakai var atau tidak harus jelas," tambah mantan ajudan Presiden era Susilo Bambang Yudhoyono itu.

DPR Ungkap Ketimpangan dalam Penegakan Hukum Menyelewengkan Makna Pro Justisia

Tapi di sisi lain menurut Ardhi juga dengan adanya VAR bisa mengurangi drama yang terjadi di sepakbola, sisi baiknya pertandingan akan lebih adil jika ada keputusan kontroversial.

"Sekarang kan yang membuat ramai dan seru dramanya itu, tapi kan ya pasti ada plus minusnya-lah."

"Plusnya tidak ada klub yang dirugikan dengan keputusan wasit, minusnya drama berkurang," kata Ardhi.

MUI Ungkap Kesal karena Ayu Ting Ting Mengeksploitasi Status Janda di Acara Pesbukers Ramadan

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved