Mudik 2019

Viral Keluhan Kenaikan Tarif Tol Jakarta-Cikampek, Ini Penjelasan Jasa Marga

Ia menyebut kenaikan tarif itu dikarena pemindahan Gerbang Tol Cikarang Utama sehingga berdampak terjadinya perubahan sistem pembayaran.

Viral Keluhan Kenaikan Tarif Tol Jakarta-Cikampek, Ini Penjelasan Jasa Marga
Warta Kota
Ilustrasi: Arus lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek mulai padat merayap arah 

Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek memberikan penjelasan soal viral atau ramainya keluhan kenaikan tarif tol di media sosial. Kenaikan tarif sangat dirasakan, terlebih pengguna tol jarak dekat.

General Manager Jasa Marga cabang Tol Jakarta-Cikampek Raddy R Lukman tak menapik adanya kenaikan tarif disejumlah exit tol Jakarta Cikampek.

Ia menyebut kenaikan tarif itu dikarena pemindahan Gerbang Tol Cikarang Utama sehingga berdampak terjadinya perubahan sistem pembayaran.

"Pindahnya GT Cikarang Utama ke GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama terjadi perubahan yang awalnya sistem tertutup dan terbuka sekarang menjadi sistem terbuka dengan empat wilayah pentarifan," kata Raddy di Bekasi, Selasa (28/5/2019).

Diskon Tarif Tol 15 Persen, Daftar Tarif Tol Dari Merak Hingga Probolinggo

Ini Ruas Tol Mudik Lebaran yang Masih Gratis dan Daftar Pemberlakuan Tarif Tol Baru Jakarta-Cikampek

Dishub Bekasi Kerahkan 764 Personel Atur Lalin Mudik Lebaran, Berjaga 24 Jam Secara Bergantian

Raddy menjelaskan kendaraan dari arah Jakarta ke Cikampek melakukan transaksi di akses keluar (of ramp pay) dan kendaraan dari arah Cikampek yang menuju Jakarta akan melakukan transaksi di akses masuk (on ramp pay) dengan membayar tarif tol merata sesuai dengan wilayah pentarifannya.

Adapun empat wilayah pentarifan itu yakni wilayah 1 dengan tarif Rp. 1.500,- (Jakarta IC/Interchange- Pondok Gede Barat/Timur), Wilayah 2 dengan tarif Rp. 4.500,- (Jakarta IC - Cikarang Barat), Wilayah 3 dengan tarif Rp. 12.000,- (Jakarta IC - Karawang Timur) dan Wilayah 4 dengan tarif Rp. 15.000,- (Jakarta IC-Cikampek).

Sehingga dampak kenaikan hanya dirasakan pada jarak dekat pasalnya tarif menjadi merata, baik jarak jauh maupun dekat.

"Karena GT Cikarang Utama dibongkar, tap kartu sekaligus bayar jadi hanya pada saat masuk atau keluar saja. Sulit bisa kita hitung tarif sesuai jarak. Sehingga tarif disama ratakan," ungkapnya.

Daftar tarif tol Trans Jawa saat mudik lebaran 2019.
Daftar tarif tol Trans Jawa saat mudik lebaran 2019. (Istimewa)

Raddy contohkan dengan perubahan sistem transaksi dan pentarifan pengguna jalan tol asal Gerbang Tol Karawang Barat dan keluar di Gerbang Tol Karawang Timur yang sebelumnya dikenakan tarif tol sebesar Rp. 1.500, kini harus membayar tarif merata sebesar Rp. 12.000 sebagai dampak dari perubahan sistem transaksi tertutup menjadi sistem terbuka.

"Kenaikan terjadi di lokasi setelah Gerbang Tol Cikarang Utama, karena kan jadi sistem terbuka," ucapnya.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Wito Karyono
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved