Mudik Lebaran

Rekayasa Lalu Lintas di Jalan Tol, Jadwal Contra Flow dan Sistem Satu Arah

Persiapan arus mudik Lebaran 2019, Jasa Marga mengumumkan rekayasa lalu lintas yang akan diterapkan di Jalan Tol Trans dari Jakarta hingga Brebes.

Rekayasa Lalu Lintas di Jalan Tol, Jadwal Contra Flow dan Sistem Satu Arah
Warta Kota
Situasi arus lalu lintas di Tol Cikupa arah Merak menjelang mudik Lebaran, Senin (27/5/2019). 

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan pada penerapan sistem satu arah tersebut.

Penambahan gardu operasi gerbang tol juga telah dilakukan di GT Ciawi, Cengkareng, Cikampek Utama, Kalihurip Utama, Kalikangkung, Banyumanik, Waru Gunung, dan Kejapanan.

WARTA KOTA, MAKASAR--- Persiapan arus mudik Lebaran 2019, PT Jasa Marga Tbk mengumumkan rekayasa lalu lintas yang akan diterapkan di ruas Jalan Tol Trans dari Jakarta hingga Brebes.

Operation Management Group Head PT Jasa Marga Tbk, Fitri Wiyanti, mengatakan, akan menerapkan dua sistem yang berbeda di ruas tol tersebut.

Pertama, sistem contra flow akan diberlakukan di KM 29 hingga KM 61 Tol Jakarta-Cikampek, dari pukul 06.00-21.00 WIB.

BI Inisiasi Penggunaan Data Penghubung untuk Transaksi Digital

Sedangkan sistem satu arah akan diberlakukan di KM 70 hingga KM 263 Brebes Barat, dari pukul 09.00-21.00 WIB.

"Keduanya akan diterapkan dari tanggal 30 Mei sampai 2 Junj 2019," ujar Fitri saat konferensi pers di Kantor Jasa Marga, Cipayung, Jakarta Timur, Senin (27/5/2019).

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan pada penerapan sistem satu arah tersebut, yakni akses masuk menuju Jakarta pada tol Cipali sampai Brebes Barat ditutup lantaran penerapan sistem satu arah.

"Kemudian, lalu lintas dari Cirebon menuju Jakarta dialihkan melalui Jalaj Arteri. Masuk kembali di GT Sadang, GT Kalihurip dan Cikampek," ucapnya.

Dapat Tekanan Amerika Serikat, Jepang Akan Membatasi Kepemilikan Asing

Sedangkan lalu lintas dari Semarang menuju Jakarta maupuj Bandung dialihkan melalui Jalan Arteri, keluar melalui GT Brebes Barat dan masuk ke Tol kembali melalui GT Cikampek atau Sadang.

"Guna mengurangj kemacetan, Jasa Marga juga telah merelokasi GT Cikarang Utama di KM 29 menuju GT Cikampek Utama di KM 70 dan GT Kalihurip Utama KM 67," kata Fitri.

Dampak Perang Dagang, Dua Asosiasi Mencoret Huawei sebagai Anggota

Selain itu, penambahan gardu operasi gerbang tol juga telah dilakukan di GT Ciawi, Cengkareng, Cikampek Utama, Kalihurip Utama, Kalikangkung, Banyumanik, Waru Gunung, dan Kejapanan.

Di sisi lain, Direktur Operasi PT Jasa Marga Properti, Tita Maulina, mengatakan, arus kendaraan di dalam rest area juga akan menyesuaikan penerapan sistrm satu arah sehingga rest area yang ada di sisi kanan bisa digunakan oleh para pengguna jalan.

"Tentunya kami juga menyesuaikan arus kendaraan di rest area, juga akan diterapkan sistem contra flow sehingga para pemudik juga bisa dilayani di rest area pada jalur sebelah kanan," katanya.

Meninggalkan Rumah saat Mudik Lebaran dengan Aman Bisa Ikut Asuransi Perlindungan Rumah

Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved