Breaking News:

Pertandingan di Liga 1 Direkam Kamera Pengawas Untuk Membantu Wasit

Untuk menjaga kualitas kompetisi Liga 1 2019, Komite Eksekuif PSSI memutuskan akan menggunakan Video Assistant Referee (VAR) pada setiap laga Liga 1.

Pertandingan di Liga 1 Direkam Kamera Pengawas Untuk Membantu Wasit
Warta Kota/Gisesya Ranggawari
Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria.

Untuk menjaga kualitas kompetisi Liga 1 2019, Komite Eksekuif PSSI memutuskan akan menggunakan Video Assistant Referee (VAR) pada setiap laga Liga 1 musim ini.

Terkait dengan hal ini, PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai operator kompetisi diminta untuk segera membuat kajian dari sisi anggaran dan insfrastruktur.

Cegah Kecurangan, Operator Liga 1 Bentuk Badan Independen Untuk Pilih Wasit dan Hakim Garis

Sedangkan PSSI akan menyiapkan kajian yang terkait regulasi berdasarkan peraturan FIFA disamping mempersiapkan wasit-wasit terbaik yang memimpin pertandingan kasta Liga tertinggi.

“PSSI tentunya juga akan menyiapkan wasit-wasit terbaik yang nantinya bertugas di belakang layar dalam pengoperasian VAR,” kata Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria.

Metode Video Assistant Referee (VAR) merupakan metode baru yang pertama kali diimplemantasikan FIFA pada Piala Dunia 2018 di Rusia.

Sebelum digunakan, nantinya wasit tanah air juga seperti wasit-wasit elite dunia akan mendapatkan pelatihan khusus dari FIFA, termasuk soal VAR.

Gol Keempat Liverpool ke Gawang Barcelona Kontroversial Tapi Disahkan Wasit, Bagaimana Aturannya?

Sebagian wasit ini akan dikhususkan bekerja di belakang layar VAR yang bakal terlibat dalam keputusan-keputusan besar seperti penalti, kartu merah atau juga gol kontroversial.

VAR juga bisa digunakan ketika wasit merasa ada kejanggalan dalam pengambilan keputusannya dan perangkat pertandingan tidak yakin dalam keputusannya.

Wasit kemudian berkomunikasi melalui sistem cek ke VAR, setelah itu baru ditampilkan tayangan ulang VAR, bukan permintaan pemain atau tim, tapi langsung keputusan wasit.

Gavin Kwan Adsit Menilai Level Kompetisi Liga 1 2019 Meningkat Dibanding Musim Lalu

Sementara itu, Anggota Komite Wasit PSSI yang juga mantan wasit FIFA, Purwanto mendukung penuh diterapkannya VAR pada kompetisi Liga 1 2019.

"Wah kalau VAR saya sangat mendukung 100 persen. Kami secara organisasi dan saya secara pribadi sangat mendukung adanya VAR" ujar Purwanto kepada Warta Kota, Senin (27/5/2019).

Menurut Purwanto, dengan adanya VAR bisa mempermudah kinerja wasit di dalam lapangan pertandingan jika terjadi situasi-situasi yang tidak meyakinkan.

Live Streaming Liga 1 2019 Barito Putera Vs Madura United, Andik Bentrok dengan Evan Dimas

"Jadi mempermudah kinerja perangkat pertandingan di lapangan juga kan kalau ada VAR, jadi kami bisa cek langsung jika ada situasi tidak meyakinkan, demi sepakbola yang lebih baik," tuturnya.

Penulis: Gisesya Ranggawari
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved