Bulan Suci Ramadan

Jelang Lebaran, Harga Bahan Kebutuhan Pokok di Jakut Stabil

Jajaran Pemerintah Kota Jakarta Utara bersama Polres Metro Jakarta Utara dan unsur lainnya melakukan pemantauan dan pengawasan harga pangan dan sembak

Jelang Lebaran, Harga Bahan Kebutuhan Pokok di Jakut Stabil
Wartakotalive.com/Junianto Hamonangan
Jajaran Pemerintah Kota Jakarta Utara bersama Polres Metro Jakarta Utara dan unsur lainnya melakukan pemantauan dan pengawasan harga pangan dan sembako di sejumlah pasar tradisional dan modern di wilayah Jakarta Utara, Selasa (28/5). 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Junianto Hamonangan

KOJA, WARTAKOTALIVE.COM -- Jajaran Pemerintah Kota Jakarta Utara bersama Polres Metro Jakarta Utara dan unsur lainnya melakukan pemantauan dan pengawasan harga pangan dan sembako di sejumlah pasar tradisional dan modern di wilayah Jakarta Utara, Selasa (28/5). 

Sejumlah lokasi menjadi sasaran pemantauan dan pengawasan harga pangan dan sembako seperti Pasar Inpres Kelapa Gading Timur, Pasar Mandiri Kelapa Gading dan Diamond Supermarket Mall Artha Gading..

Sekretaris Kota Jakarta Utara, Desi Putra mengatakan kegiatan itu dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan harga seiring makin menggeliatnya berbagai bahan kebutuhan pokok menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440 H. 

“Setelah dicek di lapangan, harganya stabil tapi masih bersifat fluktuasi sebagai contoh harga daging sapi di pasar tradisional untuk has luar sekitar Rp 130 ribu dan has dalam Rp 120 ribu,” ujar Desi Putra, Selasa (28/5).

Selain itu pihaknya juga mendapati harga daging sapi di pasar tradisional saat ini tidak jauh berbeda dengan yang dijual di pasar modern di Jakarta Utara seperti di Diamond Supermarket Mall Artha Gading. 

“Tidak beda jauh harganya, daging sapi untuk bahan masak rendang hanya Rp 80 ribu. Kita juga pantau harga sayuran, telur ayam dan sebagainya masih relatif stabil,” ujarnya.

Desi pun mengimbau kepada masyarakat agar tidak perlu khawatir akan terjadinya lonjakan harga di pasar.

Pemerintah akan melakukan pemantauan untuk memastikan harga bahan kebutuhan pokok menjelang Lebaran relatif stabil. 

“Silakan yang ingin belanja di pasar mana saja, kami dari pemerintah akan terus memantau dan melakukan pengawasan harga kebutuhan bahan pokok,” tegasnya.

Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Perikanan (KPKP) Jakarta Utara Rita Nirmala mengatakan pihaknya juga menurunkan tiga unit mobil laboratorium untuk menguji sampel bahan pangan di sejumlah pasar tradisional dan modern. 

“Hal ini dilakukan untuk memberikan keamanan pangan bagi masyarakat terhadap hasil ternak, pertanian dan perikanan. Pengujian laboratorium bahan pangan ada di Lotte Mart Kelapa Gading,” katanya. 

Rita menambahkan pihaknya sudah mengambil beberapa sampel daging, ikan, sayuran dan lainnya untuk memastikan kualitasnya.

Setelah hasil dari pengujian laboratorium keluar, akan dilaporkan untuk mengetahui langkah selanjutnya. (jhs)

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved