Bulan Suci Ramadan

Waspada Tawaran Pinjaman Uang Berkedok Koperasi, Kenali Ciri-cirinya

Jelang hari raya, kebutuhan dana biasanya meningkat dan diimbau masyarakat teliti terhadap koperasi menawarkan pinjaman dengan iming-iming kemudahan.

Waspada Tawaran Pinjaman Uang Berkedok Koperasi, Kenali Ciri-cirinya
thinkstockphotos
Ilustrasi. Kementerian Koperasi dan UKM mengimbau masyarakat teliti terhadap koperasi yang menawarkan pinjaman dengan berbagai iming-iming kemudahan padahal berujung pada jebakan praktik rentenir. 

Mengimbau masyarakat teliti terhadap koperasi yang menawarkan pinjaman dengan berbagai iming-iming kemudahan padahal berujung pada jebakan praktik rentenir.

Perlu diwaspadai maraknya koperasi yang menjalankan usahanya layaknya rentenir dengan memberikan bunga yang tinggi.

WARTA KOTA, PALMERAH--- Setiap jelang Lebaran, kebutuhan dana masyarakat untuk memenuhi beragam keperluan meningkat tajam.

Hal ini kerap membuat masyarakat mencari pinjaman ke berbagai lembaga keuangan termasuk koperasi.

Oleh sebab itu, Kementerian Koperasi dan UKM mengimbau masyarakat teliti terhadap koperasi yang menawarkan pinjaman dengan berbagai iming-iming kemudahan padahal berujung pada jebakan praktik rentenir.

Gerai di Rest Area Jalan Tol Diisi oleh Pelaku UMKM

Deputi Bidang Pengawasan Kementerian Koperasi dan UKM, Suparno, mengatakan, masyarakat harus hati-hati dalam memanfaatkan jasa layanan keuangan, jangan asal butuh karena menjelang lebaran maka mengabaikan prinsip kehati-hatian.

Ia mengingatkan perlu diwaspadai maraknya koperasi yang menjalankan usahanya layaknya rentenir dengan memberikan bunga yang tinggi.

Meski mengatasnamakan sebagai koperasi, kegiatan para pengelola ternyata jauh dari penerapan aturan yang sebenarnya.

Dampak Perang Dagang, Media China Kampanyekan Anti iPhone

"Masyarakat harus melihat aspek legalitas dari lembaga keuangan tersebut selain juga harus memperhatikan aspek logis dari produk pinjaman yang ditawarkan,” kata Suparno, Sabtu (25/5/2019).

Praktik seperti ini, kata Suparno, marak menjelang Lebaran mengingat kebutuhan masyarakat yang tinggi.

Halaman
123
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved