Berita Video

VIDEO: El-Syifa di Ciganjur Jagakarsa Jadi Percontohan Masjid Ramah Disabilitas

"Senang sekali ada masjid yang menyediakan fasilitas khusus bagi difabel," ujar Woro di atas kursi roda Senin (27/5/2019) petang.

VIDEO: El-Syifa di Ciganjur Jagakarsa Jadi Percontohan Masjid Ramah Disabilitas
Warta Kota
Disabilitas berwudhu di El Syifa Jagakarsa 

Puluhan penyandang disabilitas tersenyum semringah sore itu. Mereka berkumpul dalam kebahagiaan, berkenalan satu sama lain, merajut silaturahim di Masjid El-Syifa, Jalan M. Kahfi RT.7/RW.1, Ciganjur, Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan.

Cahaya senja terus menyisir saat sejumlah difabel mencoba fasilitas yang ada di masjid, mulai dari penyediaan kursi roda, tempat wudhu khusus difabel hingga kursi untuk shalat bagi yang tidak bisa rukuk atau sujud.

Sebagian lainnya, para penyandang tuli-bisu, antusias mengikuti pelatihan azan dengan bahasa isyarat.

"Senang sekali ada masjid yang menyediakan fasilitas khusus bagi difabel," ujar Woro di atas kursi roda Senin (27/5/2019) petang.

Masjid El-Syifa dinobatkan sebagai pionir masjid ramah untuk penyandang disabilitas.

VIDEO: Bus Tingkat Alias Double Decker Jadi Pilihan Pemudik Tujuan Wonogiri

CEO Thisable, Ankie Yudistia mengungkapkan, El-Syifa menggenapi tiga masjid sebelumnya di Jakarta Selatan yang juga dinobatkan sebagai masjid ramah penyandang disabilitas. Ankie, yang selama ini konsen dengan keperdulian kehidupan sosial, mengaku terharu dengan raut bahagia para difabel yang hadir sore itu.

"Masjid adalah rumah Allah. Harusnya memang tidak ada perbedaan. Disabilitas juga sama. Ini adalah program pionir buat kami karena kita nggak mau lagi temen-temen disabilitas mendapat diskriminasi karena kursi rodanya nggak boleh masuk. Katanya mengotori," ujar Ankie.

VIDEO: Kapolda Metro Jaya dan Pangdam Jaya Jenguk Aparat yang Jadi Korban Kerusuhan 22 Mei

Dalam kegiatan itu, juga dilakukan sosialisasi mengenai penataan shaaf shalat bagi pengguna kursi roda. Pun, diberikan pelatihan azan dengan bahasa isyarat bagi penyandang tuli-bisu.

"Sosialisasi misal ada yang pakai kursi roda, shaafnya dimana? Kemudian bagaimana yang tuli-bisu saat menyikapi azan. Kami berharap DKM juga ramah terhadap disabilitas. Mudah-mudahan program ini tidak berhenti sampai di masjid ini," ungkapnya

VIDEO: Monas Bau Alkohol, Anies Musnahkan Belasan Ribu Botol Minuman Keras

Pengurus Dewan Kemakmuran Masjid El-Syifa, Sumardi, mengapresiasi bantuan yang diberikan untuk mendukung masjid tersebut menjadi ramah disabilitas.

"Tentu ini menjadi pembelajaran bagi para DKM untuk lebih memperhatikan saudara kita yang difabel. Juga sebuah kebanggaan bagi teman-teman difable yang selama ini kesulitan beribadah di masjid, dari segi fasilitasnya. Contohnya tempat wudhu yang ramah bagi difable," ungkapnya.

" Apapun kekurangan manusia, yang dinilai adalah ketakwaan kita. Kami masih awal, belum bisa melayani sepenuhnya. Kami berharap di masjid lain juga menerapkan hal yang sama," harapnya

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved