Berita Video

VIDEO: Ditjen Kereta Api Kementerian Perhubungan Berangkatkan Ratusan Motor Pemudik Pulau Jawa

Pemberangkatan itu bagian dari penyelenggaraan Angkutan Motor Gratis (Motis) dengan kereta api.

VIDEO: Ditjen Kereta Api Kementerian Perhubungan Berangkatkan Ratusan Motor Pemudik Pulau Jawa
Warta Kota/Junianto Hamonangan
Direktur Jenderal Perkeretaapian Zulfikri melepas keberangkatan kereta api yang membawa ratusan motor dari Stasiun Gudang, Pademangan, Jakarta Utara, Senin (27/5/2019). 

Direktorat Jenderal Perkeretaapian memberangkatkan ratusan motor dari Stasiun Gudang, Pademangan, Jakarta Utara, Senin (27/5).

Pemberangkatan itu bagian dari penyelenggaraan Angkutan Motor Gratis (Motis) dengan kereta api.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Zulfikri mengatakan pada hari ini pihaknya memberangkatkan ratusan motor ke Pulau Jawa dengan tujuan Lintas Selatan 1.

Pemberangkatan dilakukan secara bertahap sesuai jadwal yang telah ditentukan.

VIDEO: Kriss Hatta Anggap Saksi dari Jaksa Adalah Setingan Karena Dinilainya Kesaksian Palsu

Zulfikri menambahkan jadwal keberangkatan Motis dengan kereta api dilakukan pada 27 Mei hingga 2 Juni mendatang untuk arus mudik.

Zulfikri mengatakan pihaknya menyiapkan kuota 18.096 unit motor untuk diberangkatkan ke sejumlah daerah di Pulau Jawa selama arus mudik Lebaran 2019.

“Kalau kuota kita masih tetap sebenarnya. Tahun ini kita siapkan juga kuota 18.096 unit sama dengan tahun lalu. Kita harapkan tahun ini bisa mencapai 100 persen,” kata Zulfikri, Senin (27/5).

Namun demikian antusias warga terkadang tidak sesuai dengan realisasi di lapangan. Pasalnya terkadang masyarakat yang telah mendaftar, justru membatalkan niatnya untuk memanfaatkan fasilitas tersebut.

VIDEO: Monas Bau Alkohol, Anies Musnahkan Belasan Ribu Botol Minuman Keras

“Berdasarkan hasil evaluasi kita pada tahun lalu memang pendaftar itu cukup banyak, hampir lebih 100 persen juga. Tapi yang realisasi, mungkin banyak yang cancel atau mengubah rencana mudiknya, jadi tahun lalu realisasi 85 persen dari kuota yang siapkan,” katanya.

Menurut Zulfikri, saat ini dari kapasitas yang disediakan, sudah terisi penuh. Namun demikian pihaknya tidak menutup adanya kemungkinan untuk memberikan layanan tambahan sesuai dengan permintaan masyarakat.

“Saya sampaikan tadi bahwa kapasitas kita sudah terisi penuh, posisi ini 107 persen. Tapi saya memberikan informasi kepada masyarakat bahwa masih ada kapasitas untuk angkutan sepeda motor yang belum dimanfaatkan oleh masyarakat,” ucapnya. (jhs)

Selama waktu yang telah ditentukan, setiap harinya akan ada tiga jadwal pemberangkatan sepeda motor.

Menurut Zulfikri kegiatan tersebut dilakukan semata-mata untuk menekan angka kecelakaan yang kerap terjadi selama arus mudik setiap kali Lebaran. Sehingga warga yang mudik hanya perlu menunggu sepeda motornya tiba di kampung halaman.

VIDEO: El-Syifa di Ciganjur Jagakarsa Jadi Percontohan Masjid Ramah Disabilitas

Seorang warga, Tanto (35) mengaku senang dengan adanya program Montis tersebut. Ini adalah kali kedua pria yang hendak pulang ke Klaten, Jawa Tengah tersebut memanfaatkan layanan yang tidak memungut biaya sama sekali itu. (jhs)

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved