Mudik Lebaran

Jika Macet, Ada Rekayasa Sistem Satu Arah di Gerbang Tol Tingkir Salatiga

Sebagai antisipasi padatnya volume kendaraan di arus puncak mudik, Gerbang Tol Tingkir di Salatiga, Jawa Tengah, akan direkayasa lalu lintasnya.

Jika Macet, Ada Rekayasa Sistem Satu Arah di Gerbang Tol Tingkir Salatiga
thinkstockphotos
Ilustrasi. Sebagai antisipasi padatnya volume kendaraan di arus puncak mudik, Gerbang Tol Tingkir di Salatiga, Jawa Tengah, akan direkayasa lalu lintasnya. 

Pemberlakukan sistem satu arah akan berlaku secara situasional atau bergantung pada kondisi arus kendaraan yang akan diatur oleh Satlantas Polres setempat.

Kedua gerbang tol tersebut memiliki karakteristik yang mirip, yaitu bersimpangan dengan jalan kabupaten yang cenderung sempit.

WARTA KOTA, PALMERAH--- Sebagai antisipasi padatnya volume kendaraan di arus puncak mudik, Gerbang Tol Tingkir di Salatiga, Jawa Tengah, akan direkayasa lalu lintasnya.

Dinas Perhubungan Salatiga bekerja sama dengan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Salatiga bakal memberlakukan sistem satu arah di Gerbang Tol Tingkir.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat), Budi Setiyadi, mengatakan, pemberlakukan sistem satu arah akan berlaku secara situasional atau bergantung pada kondisi arus kendaraan yang akan diatur oleh Satlantas Polres setempat.

"Akan dilakukan buka tutup di pintu tol kalau misalnya sudah terjadi kemacetan dari Tingkir sampai dengan pertigaan terminal Tingkir akan ditutup yang akan masuk ke arah tolnya ," ujar Budi di Salatiga, Sabtu (25/5/2019).

Akan tetapi, kata Budi, itu sangat tergantung dengan situasinya.

“Jadi sifatnya situasional tergantung pertimbangan dari kepolisian," kata Budi.

Pesan ATI Bagi Pemudik: Isi Full BBM dan Saldo e-Tol

Tak hanya di Gerbang Tol Tingkir saja, hal yang sama juga akan berlaku untuk Gerbang Tol Salatiga.

Sebab, kedua gerbang tol tersebut memiliki karakteristik yang mirip, yaitu bersimpangan dengan jalan kabupaten yang cenderung sempit.

Halaman
123
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved