Mudik Lebaran

3.365 Bus Disiapkan Untuk Angkut Pemudik ke Kampung Halaman pada Musim Lebaran 2019

Dinas Perhubungan DKI menyiapkan sekitar 3.365 bus yang akan mengangkut pemudik pulang ke kampung halaman pada musim Lebaran 2019.

3.365 Bus Disiapkan Untuk Angkut Pemudik ke Kampung Halaman pada Musim Lebaran 2019
Warta Kota/nur ichsan
Ilustrasi bus mudik 

Dinas Perhubungan DKI Jakarta memprediksi akan ada kenaikan jumlah pemudik yang menggunakan moda transportasi bus pada musim lebaran kali ini.

Kepala Unit Pengelola Terminal Angkutan Jalan Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Muslim, memperkirakan akan terjadi kenaikan jumlah penumpang antara 25 persen hingga 30 persen.

Untuk itu, sejumlah Perusahaan Otobus pun telah mengantisipasinya dengan menyiapkan armada tambahan untuk bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).

Muslim menyebut, jumlah bus reguler dan tambahan yang disiapkan mencapai 2.189 armada yang tersebar di terminal bus utama dan terminal bantuan. Jumlah itu belum termasuk ribuan armada yang disiapkan di Terminal Terpadu Pulogebang, Jakarta Timur.

"Di terminal-terminal di bawah UP Terminal Angkutan Jalan unit sekitar 2189 yang siap layani pemudik. Itu belum yang dari Terminal Terpadu Pulogebang karena mereka punya unit pengelola sendiri," ujar Muslim kepada Warta Kota, Senin (27/5/2019) pagi.

Sedangkan untuk di Terminal Terpadu Pulogebang, dari data yang diterima, bus reguler yang dipersiapkan sebanyak 965 armada dan bus tambahan 200 armada.

Secara total, armada bus mudik yang akan berangkat dari terminal utama dan terminal bantuan sebanyak 3.365 unit.

Jumlah tersebut masih mungkin bertambah, sebab, bus-bus yang berangkat dari pool maupun dari Terminal Lebak Bulus belum masuk ke hitungan data.

Untuk mengantisipasi lonjakan pemudik, Muslim menyebut Dinas Perhubungan DKI Jakarta memang menyiapkan terminal bantuan untuk melengkapi empat terminal utama yang difungsikan pada musim mudik tahun ini.

Adapun terminal bus utama yakni Terminal Rambutan Jakarta Timur, Terminal Kalideres Jakarta Barat, Terminal Tanjung Priok Jakarta Utara dan Terminal Terpadu Pulogebang Jakarta Timur.

Halaman
123
Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved