Mudik Lebaran

Sepekan Jelang Libur Lebaran, Belum Ada Pergerakan Mudik di Terminal Kampung Rambutan

Belum banyaknya warga Ibu Kota yang hendak pulang ke kampung halaman diungkapkan oleh Kepala Unit Pelayanan (UP) Terminal DKI Jakarta Muslim.

Sepekan Jelang Libur Lebaran, Belum Ada Pergerakan Mudik di Terminal Kampung Rambutan
Warta Kota/Joko Supriyanto
Suasana Terminal Bus Kampung Rambutan, Jakarta Timur menjelang mudik lebaran. 

CIRACAS, WARTAKOTALIVE.COM -- Sepekan jelang libur Lebaran yang jatuh mulai dari tanggal 1 Juni 2019 mendatang, pergerakan penumpang yang hendak mudik di Terminal Kampung Rambutan belum banyak terlihat.

Belum banyaknya warga Ibu Kota yang hendak pulang ke kampung halaman diungkapkan oleh Kepala Unit Pelayanan (UP) Terminal DKI Jakarta Muslim.

Diungkapkannya, berdasarkan data terhimpun hingga Sabtu (25/5/2019) malam, jumlah keberangkatan penumpang masih terlihat normal.

Bahkan jumlah keberangkatan dan kedatangan penumpang ke Terminal Kampung Rambutan terbilang imbang, yakni keberangkatan bus sebanyak 125 unit dengan jumlah penumpang sebanyak 1.816 orang. Sedangkan kedatangan mencapai 186 unit dengan sebanyak 2.186 orang.

"Belum ada pergerakan sampai semalam, mungkin dekat-dekat liburan orang-orang baru mulai mudik," ungkapnya dihubungi pada Minggu (26/5/2019).

Walau begitu, pihaknya tetap melakukan pengawasan terhadap seluruh Angkutan Bus Lebaran yang masuk ke dalam Terminal Kampung Rambutan.

Pemeriksaan dimulai dari kelengkapan administrasi kendaraan, mulai dari kartu Pemeriksaan Kendaraan Bermotor (PKB) atau KIR, kelengkapan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Kartu Pengawasan Trayek (KPS) atau Ijin Trayek.

Selain itu, pemeriksaan kelayakan serta kelengkapan armada mulai dari kondisi bodi, ban, tempat duduk hingga alat keselamatan kendaraan, seperti palu pamecah kaca, Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dan lainnya.

"Posko terpadu dan posko kesehatan juga sudah berdiri, jadi persiapan kita sambut mudik lebaran tahun ini sudah lengkap. Ini bukan cuma di Terminal Kampung Rambutan, tapi juga di Terminal Tipe A dan Terminal Bantuan," ungkapnya.

Terminal Tipe A yang merupakan terminal utama pemberangkatan Musim Mudik Lebaran 2019 meliputi Terminal Pulogebang, Terminal Kampung Rambutan, Terminal Kalideres dan Terminal Tanjung Priok. Sedangkan Terminal Tambahan, yakni Terminal Rawamangun, Terminal Pinang Ranti, Terminal Grogol dan Terminal Muara Angke. (dwi)

Penulis: Dwi Rizki
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved