Berita Kota Depok

PDAM Tirta Asasta Pelihara Jaringan Pipa dengan Air Scouring

Demi menjaga kualitas air minum yang dialirkan kepada pelanggan, PDAM Tirta Asasta Kota Depok rutin melakukan pemeliharaan jaringan pipa

PDAM Tirta Asasta Pelihara Jaringan Pipa dengan Air Scouring
Istimewa
Manajer Pemasaran PDAM Tirta Asasta, Imas Dyah Pitaloka. 

DEPOK, WARTAKOTALIVE.COM -- Demi menjaga kualitas air minum yang dialirkan kepada pelanggan, PDAM Tirta Asasta Kota Depok rutin melakukan pemeliharaan jaringan pipa, salah satunya adalah dengan metode Air Scouring.

Manajer Pemasaran PDAM Tirta Asasta, Imas Dyah Pitaloka, menjelaskan, Air Scouring adalah cara pencucian atau pengurasan pipa bertekanan sangat tinggi dengan menggunakan alat bantu kompresor udara.

Dia menjelaskan, fungsi dari Air Scouring ini adalah untuk mengeluarkan endapan-endapan pasir dan lumpur yang kadang terjebak di dalam pipa.

Endapan tersebut biasanya terbawa saat ada pemasangan jaringan baru atau sisa-sisa lumpur yang terbawa saat ada perbaikan kebocoran pipa.

Kegiatan Air Scouring ini, katanya, dilakukan secara rutin di titik-titik tertentu dengan frekuensi minimal tiga kali dalam sebulan atau sesuai dengan permintaan dari area pelayanan atau bagian lain yang terkait.

"Biasanya dilakukan di perumahan-perumahan yang memiliki jaringan pipa baru, karena biasanya jaringan pipa baru banyak sekali mengandung sisa-sisa tanah bekas galian," kata Imas kepada wartawan, Kamis (23/5/2019).

Akibat sangat tingginya tekanan di dalam pipa (turbulensi) saat Air Scouring dilakukan, lanjut Imas, air yang mengalir dalam pipa bercampur dengan udara.

Udara tersebut berbentuk gelembung-gelembung yang sangat kecil sehingga air akan terlihat berwarna putih. Hal ini merupakan hal yang wajar dan tidak berbahaya.

"Cukup diamkan selama beberapa detik, lalu air akan jernih kembali," tuturnya.

Imas menyampaikan, ke depannya, PDAM Tirta Asasta Kota Depok berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dan juga untuk seluruh masyarakat Kota Depok. (gps)

Penulis: Gopis Simatupang
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved