Berita Video

VIDEO: Pasar Tanah Abang Kembali Beroperasi Setelah Kerusuhan

Selain itu, beberapa toko juga tampak masih tertutp meski Hari Raya Idul Fitri sudah semakin dekat.

Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat kembali beroperasi pasca kerusuhan 22 Mei 2019, warga belum terlalu ramai mengunjungi pasar untuk berbelanja keperluan lebaran.

Berdasarkan pantauan Kompas.com pada hari Jumat (24/5/2019) sekira oukul 13.30 WIB, setiba di lokasi jalan memang terlihat ramai namun cendrung masih lancar dan mudah dilalui.

Memasuki lokasi parkir, tak begitu banyak kendaraan yang terparkir baik roda dua maupun roda empat di lokasi yang telah disediakan pengelola pasar.

Di lokasi trotoar memang sudah dipadati oleh pedagang-pedagang kaki lima yang berjualan berbagai jenis barang. Namun belum terlihat teransaksi jual beli yang signifikan disana.

Begitupula ketika memasuki kawasan Blok B di Tanah Abang. Jalanan di dalam pasar bisa dilewati pengunjung dengan mudah sangat berbeda ketika terakhir kali dikunjungi pada Minggu (19/5/2019) sebelum kerusuhan.

Selain itu, beberapa toko juga tampak masih tertutp meski Hari Raya Idul Fitri sudah semakin dekat.

Gunawan (43) salah seorang pedagang pakaian di pasar Tanah Abang yang sudah membuka toko nya dari pukul 07.00 WIB sangat merasakan penurunan drastis pengunjung Tanah Abang pada hari ini.

"Wah sepi banget, jauh kalau dibanding hari-hari sebelumnya," kata dia Kepada Kompas.com

Hal serupa juga diungkapkan oleh Sawir (40). Bahkan ia mengaku baru menjual sehelai baju meski yelah berjam-jam mebuka tokonya.

Ia mengatakan, jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya pada puasa ke 19 ini seharusnya menjadi puncak ramainya kawasan Tanah Abang

"Kalau tahun kemarin udah ramai tanggal segini, sudah puncaknya malah, apalagi sebagian orang THRnya sudah turun," ucap Sawir.

Ia menduga warga masih enggan mendatangi pasar karena takut jika kembali terjadi kerusuhan.

"Harapannya ini, keaman stabil lah, dingin suasana, biar masyarakat bisa belanja untuk kebutuhan lebaran, soalnya rata-rata THR udah turun ya kan," kata dia.

Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved