Selain Dilarang Pakai Mobil Dinas Untuk Mudik, Seluruh ASN Kota Depok Tak Boleh Terima Gratifikasi

Kepala Inspektorat Sekretariat Kota Depok, Firmanuddin, menuturkan, ASN yang tidak mengindahkan Surat Edaran Wali Kota siap-siap saja menerima sanksi.

Jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berdinas di lingkungan pemerintahan Kota Depok, dilarang menggunakan kendaraan dinas untuk mudik Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah.

Larangan itu disampaikan Wali Kota Depok Mohammad Idris Abdul Shomad, melalui Surat Edaran Wali Kota Depok Nomor: 003/236-Irda tanggal 16 Mei 2019.

Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Depok, Nina Suzana, mengatakan, Surat Edaran Wali Kota Depok merupakan terusan dari Surat Edaran (SE) KPK No. B/3956/GTF.00.02/01-13/05/2019 perihal imbauan pencegahan gratifikasi terkait hari raya keagamaan.

“Semua ASN ditekankan tidak boleh menggunakan mobil dinas untuk pulang kampung (mudik) saat Lebaran tahun ini,” kata Nina Suzana, Kamis (23/5/2019) kepada Wartakotalive.com.

Menurut Nina, kendaraan operasional dinas hanya boleh digunakan untuk kepentingan dinas saja.

Walaupun dilarang, mobil-mobil yang saat ini ada di tangan ASN tidak perlu dikembalikan ke Balai Kota Depok.

Pemkot Depok akan memantau pergerakan ASN untuk mencegah pelanggaran.

Kepala Inspektorat Sekretariat Kota Depok, Firmanuddin, menuturkan, ASN yang tidak mengindahkan Surat Edaran Wali Kota siap-siap saja menerima sanksi.

Mulai dari sanksi ringan, sedang, hingga berat.

“Apabila ada yang melanggar imbauan Wali Kota ini, ASN akan dikenakan sanksi ringan dulu. Mereka akan ditindak oleh Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Depok,” tuturnya.

Dilarang terima gratifikasi

Selain mobil dinas, Pemkot Depok juga melarang ASN menerima gratifikasi terkait Hari Raya Idul Fitri.

Hal itu untuk menghindari risiko sanksi pidana sesuai dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 juncto 31 tahun 1999 tentang Tindak Pidana Korupsi.

Penulis: Gopis Simatupang
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved