Pemilu 2019

Aksi 22 Mei, Kawasan Pertokoan Sarinah dan Tanah Abang Tutup Total

Aksi 22 Mei, Kawasan Pertokoan Sarinah dan Tanah Abang Tutup Total, termasuk Pasar Tanah Abang, pasar terbesar se-Asia Tenggara

Aksi 22 Mei, Kawasan Pertokoan Sarinah dan Tanah Abang Tutup Total
Warta Kota/Dwi Rizki
Suasana Pusat Niaga Pasar Tanah Abang, Tanah Abang, Jakarta Pusat pada Rabu (22/5/2019). 

Kawasan pertokoan di Sarinah dan Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat lumpuh total. Seluruh pertokoan dan pusat perbelanjaan tutup pada Rabu (22/5/2019).

Kondisi ini dampak dari aksi 22 Mei yang berakhir rusuh yang terjadi di kawasan Jatibaru, Tanah Abang  semalam, Selasa (21/5/2019),

Pantauan Warta Kota hingga pukul 10.00 WIB, seluruh ruko dan perkantoran di kawasan Sarinah hingga Jalan Sabang, Menteng, Jakarta Pusat terlihat ditutup rapat.

Namun, sejumlah satpam dan anggota Kepolisian berjaga di depan ruko perkantoran.

Kondisi serupa juga terlihat di Pusat Niaga Pasar Tanah Abang, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Pasar terbesar se-Asia Tenggara itu tutup total, begitu juga dengan ratusan ruko dan perkantoran yang berada di lingkar Jalan Jatibaru Raya.

Namun, lantaran tidak adanya informasi, banyak warga yang datang ke Pasar Tanah Abang.

Seperti halnya Muji (35) warga Lenteng Agung, Jagakarsa, Jakarta Pusat yang berjalan kaki dari Stasiun Karet menuju Pasar Tanah Abang.

Dia yang tidak mengetahui Pasar Tanah Abang lumpuh total sengaja datang untuk membeli bahan kain untuk membuat bantal.

Namun, sesampainya di Blok A Pasar Tanah Abang, dia terkejut lantaran pasar yang seharusnya buka sejak pukul 07.00 WIB itu masih tertutup rapat.

"Saya nggak tahu kalau tutup, makanya saya ke sini. Tadi naik kereta (KRL) dari Lenteng Agung, tapi cuma sampe sini nggak sampe Stasiun Tanah Abang. Padahal kalo sebelumnya dari Stasiun Lenteng Agung dikasih tahu ada rusuh, saya nggak jadi berangkat," ungkapnya di temui Blok A Pasar Tanah Abang pada Rabu (22/5/2019).

Mengetahui hal tersebut, dirinya memutuskan untuk pulang, sebab petugas keamanan Blok A Pasar Tanah Abang tidak mengetahui hingga kapan Pasar Tanah Abang beroperasi normal.

"Paling saya nanti ke Jatinegara atau kamu Cipadu sekalian, soalnya pesenan buat hari Sabtu (25/5/2019)," ungkapnya.

Hingga kini, situasi Kawasan Pasar Tanah Abang masih kondusif, bentrokan massa terjadi di Jalan Jatibaru dan Jalan Cideng. anggota Kepolisian di Jalan Cideng.

Massa yang semula berada di Flyover Cideng dipukul mundur hingga mengarah ke Petojo Utara, Gambir, Jakarta Pusat.

Penulis: Dwi Rizki
Editor: Mirmo Saptono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved