Seluruh Pemilik Perusahaan Wajib Berikan THR buat Pegawainya, Jika Tidak Bisa Dilaporkan ke Polisi!

Peringatan satu, dua, tiga, tapi dia tidak bayar juga, itu bisa jadi pidana, nota pertama tujuh hari, nota kedua tiga hari setelah baru proses

Seluruh Pemilik Perusahaan Wajib Berikan THR buat Pegawainya, Jika Tidak Bisa Dilaporkan ke Polisi!
Warta Kota/Adhy Kelana
Ratusan pensiunan PNS tengah mengambil uang THR di kantor Pos Jalan Sentosan, Depok, Jawa Barat, Selasa (5/6). 

Seluruh pemilik perusahaan diwajibkan memberikan tunjangan hari raya (THR) bagi karyawan atau pegawainya. Jika tidak melaksanakan kewajibannya, maka pemilik perusahaan bakal dijatuhkan sanksi.

“Jika ditemukan adanya indikasi atau laporan terkait tidak adanya pemberian THR, maka pihak Disnakertrans akan memberikan teguran,” kata Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Bogor, Samson Purba, Selasa (21/5) malam, seperti dilansir TribunnewsBogor.com.

Setelah itu, kata Samson, perusahaan dalam hal ini direktur utama sebagai penanggungjawab akan diberikan surat peringatan.

Jika masih membantah, maka pemilik perusahaan atau direktur utama bisa terjerat hukum pidana.
“Peringatan satu, dua, tiga, tapi dia tidak bayar juga, itu bisa jadi pidana, nota pertama tujuh hari, nota kedua tiga hari setelah baru proses,” ujarnya.

“Diminta kepada seluruh pengusaha di Kota Bogor segera membayar upah THR para pekerja karena itu merupakan hak mereka untuk digunakan dalam hari raya tentunya, saya imbau kepada perusahaan tidak perlu mengundur dan mengulur waktu yang sudah diberikan kepada pengusaha,” kata Samson lagi.

Terkait THR, Kepala Disnakertrans Kota Bogor, Samson Purba, mengatakan, setiap karyawan berhak menerima THR dan setiap perusahaan wajib memberikan THR kepada karyawannya.

“Iya karyawan yang baru bekerja satu bulan pun berhak menerima THR, namun tentu jumlah dan besarannya berbeda dengan karyawan yang sudah bekerja lebih dari satu tahun,” papar Samson.

Besaran THR yang didapat antara satu karyawan dengan karyawan lainnya pun berbeda-beda.

Samson menjelaskan ada aturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah daerah untuk pemberian THR kepada karyawan.

Bahkan, kata Samson lagi, pihaknya sudah membagikan surat edaran kepada para pengusaha atau perusahaan di Kota Bogor terkait waktu pemberian THR dan besaran jumlah THR.

Halaman
12
Penulis: Dedy
Editor:
Sumber: Tribun Bogor
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved