Pilpres 2019

Proses Rekapitulasi KPU Selesai, Pasangan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin Menang di 21 Provinsi

Hasil perhitungan suara yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dinyatakan telah selesai Selasa dini hari. Pasangan calon 01 menang di 21 provinsi.

Proses Rekapitulasi KPU Selesai, Pasangan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin Menang di 21 Provinsi
Calon Presiden Joko Widodo-Maruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menunjukkan piala nomor urut yang diperoleh saat rapat Pengundian dan Penetapan Nomor Urut Capres dan Cawapres Pemilu 2019 di Kantor KPU, Jakarta, Jumat (21/9/2018). (Warta Kota/Henry Lopulalan) 

Komisi Pemilihan Umum ( KPU) mempercepat penetapan hasil rekapitulasi suara pemilu.

Dari yang semula dijadwalkan Rabu (22/5/2019), penetapan dilakukan Selasa (21/5/2019) dini hari.

Percepatan ini dilakukan lantaran KPU telah menyelesaikan seluruh rekapitulasi suara, meliputi 34 provinsi dan 130 wilayah luar negeri.

Presiden Republik Indonesia terpilih Joko Widodo mengunjungi Ketua Umum Partai Gerindra yang juga mantan pesaingnya dalam Pilpres lalu, Prabowo Subianto, di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Jumat (17/10/2014).
Presiden Republik Indonesia terpilih Joko Widodo mengunjungi Ketua Umum Partai Gerindra yang juga mantan pesaingnya dalam Pilpres lalu, Prabowo Subianto, di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Jumat (17/10/2014). (Tribunnews/Dany Permana)

Rekapitulasi selesai dilakukan Senin (30/5/2019) malam.

"Kalau memang sudah selesai, masa kita tunda besok," kata Ketua KPU Arief Budiman di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (21/5/2019) dini hari.

"Hasil rekapitulasi ditetapkan hari ini," lanjutnya.

Provinsi terakhir yang direkap dalam rapat pleno KPU ialah Provinsi Papua.

Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo bersama Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto, saat mengikuti debat keempat calon presiden pada pemilu 2019 di Hotel Shangrila, Jakarta Pusat, Sabtu (30/3/2019). Debat keempat kali ini mengangkat tema Ideologi, Pemerintahan, Pertahanan Keamanan, dan Hubungan Internasional.
Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo bersama Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto, saat mengikuti debat keempat calon presiden pada pemilu 2019 di Hotel Shangrila, Jakarta Pusat, Sabtu (30/3/2019). Debat keempat kali ini mengangkat tema Ideologi, Pemerintahan, Pertahanan Keamanan, dan Hubungan Internasional. (Tribunnews/Jeprima)

Rapat pleno sempat diskors lantaran KPU menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan untuk ditandatangani penyelenggara pemilu dan saksi peserta pemilu.

"KPU akan merapikan dokumen-dokumen yang harus ditandatangani, termasuk yang terakhir adalah Provinsi Papua untuk ditandatangani para saksi. Dan hari ini kita akan sampaikan hasil rekapitulasi untuk 34 provinsi dan 130 PPLN yang sudah dilakukan beberapa hari ini," ujar Arief Budiman.

Jelang Puncak Pilpres 22 Mei, Aparat Disebar di Sejumlah Obyek Vital. Pendemo Rusuh Pasti Ditangkap

Habibie Ajak Semua Pihak Terima Hasil Pilpres 22 Mei, yang Tak Puas Disarankan Lewat Jalur Hukum

Hasil penghitungan dan perolehan suara tingkat nasional dalam negeri di 34 provinsi menyebutkan, pasangan calon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin menang di 21 provinsi, sedangkan pasangan calon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menang di 13 provinsi.

Halaman
1234
Editor: Irwan Wahyu Kintoko
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved