Berita Video

VIDEO: Panen Buah dan Sayur Hidroponik di Balai Kota DKI Jakarta

ditanam menggunakan teknik hidroponik dan aeroponik itu menggunakan alat tanam sederhana, yakni berupa pipa PVC yang dilubangi dan disusun.

Sayuran dan buah melon serta tomat terlihat dipetik pegawai Dinas Komunikasi Informatika (Diskominfo) DKI Jakarta di taman vertikal, Balaikota, Menteng, Jakarta Pusat pada Senin (20/5/2019).

Mereka melakukan panen perdana pertanian perkotaan atau urban farming.

Kepala Diskominfo DKI Jakarta, Atika Nur Rahmania mengungkapkan, panen perdana sayuran dan buah dalam kebun vertikal yang diberinya nama, Balkot Farm itu merupakan hasil kerja keras para pegawai Diskominfotik bersama Dinas Kelautan Pertanian dan Ketahanan Pangan (KPKP) DKI Jakarta.

VIDEO: Kopi Belalang Kadaluarsa Asal Malaysia Disita BPOM Nilainya Rp 1,4 Miliar

Tanaman yang ditanam menggunakan teknik hidroponik dan aeroponik itu menggunakan alat tanam sederhana, yakni berupa pipa PVC yang dilubangi dan disusun. Lewat bantuan mesin pompa air akuarium dan sensor, air dalam pipa PVC tersirkulasi dalam waktu tertentu sesuai kondisi tanaman.

"Sensor akan membaca apakah air atau nutrisi tanaman kurang, kalau kurang, secara otomatis mesin menyala. Status tanaman ini bisa diakses secara online lewat website balkotfarm.id, jadi pengawas bisa lihat kondisinya secara realtime, karena sensor tanaman terkoneksi dengan jaringan wifi di Balkot," ungkap Atika.

VIDEO: Bos Pom Bensin Dirampok Sopir Pribadi Karena Utang Puluhan Juta di Koperasi

"Kita berharap ini bisa dijadikan model urban farming ya, pertanian perkotaan, yang menggunakan lahan sederhana dengan menggunakan teknologi hidroponik dan aeroponik untuk menjadi model dan dipromosikan dalam gaya hidup perkotaan yang memang sekarang gaya hidup sehat ya," tambahnya.

Lewat kebun sayur vertikal tersebut, dirinya berharap agar seluruh pihak yang berada di lingkungan Balaikota dapat mengetahui tentang kemudahan dalam mengembangkan urang farming. Terlebih lewat teknologi hidroponik dan aeroponik menggunakan informasi dan teknologi (IT).

"Paling tidak di lingkungan Balaikota dapat terinspirasi apa saja yang bisa diolah dari tanaman-tanaman yang perawatannya sederhana. Jadi sekarang ini kan kita sedang menggalakan gaya hidup kembali ke alam ya, gaya hidup sehat dengan mengkonsumsi sayuran dan tumbuhan-tumbuhan segar ya," jelasnya.

VIDEO: Pemeran Si Doel The Movie 2 Ini Pernah Ditipu Puluhan Juta saat Baru di Dunia Hiburan

Selain itu, lanjutnya ,pihaknya juga akan mengadakan Smart Living Event yang akan membahas tentang gaya hidup sehat digelar setelah Hari Raya Idul fitri 1440 Hijriah mendatang. Tidak hanya terkait urban farming, tetapi kegiatan juga diisi dengan yoga, makan salad bersama dan minum jus yang dibuat dari sayuran dan buah-bahan hasil panen urban farming.

"Insya Allah setelah lebaran, kita akan coba sekaligus kita akan nanti mendorong agar masyarakat mengunjungi Balkot Farm ini," ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, dirinya maupun pegawai Diskominfotik memanen sejumlah sayuran dan buah-buahan, seperti daun sawi, daun kemangi, tomat, cabai, melon dan lainnya. Sayuran dan buah-buahan tersebut kemudian akan diolah untuk dimasak sebagai bahan makanan berbuka puasa bersama.

Penulis: Dwi Rizki
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved