Pemilu 2019

KSAD: Kopassus Siap Turun Bila Diperlukan Saat Aksi 22 Mei, Situasi Saat Ini Kondusif

KSAD: Kopassus Siap Turun Bila Diperlukan Saat Aksi 22 Mei, Situasi Saat Ini Kondusif dan Masyarakat Tak Perlu Khawatir Beraktivitas

KSAD: Kopassus Siap Turun Bila Diperlukan Saat Aksi 22 Mei, Situasi  Saat Ini Kondusif
Warta Kota/Rangga Baskoro
Ratusan anggota Kopassus siap turun bila diperlukan saat Aksi 22 Mei mendatang. Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa di Markas Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur, Senin (20/5/2019). 

Sejumlah massa dikabarkan akan melakukan aksi di depan Gedung KPU RI beserta Bawaslu RI pada saat pengumuman Pemilu 2019, Rabu (22/5) mendatang.

Aparat kepolisian beserta TNI telah disiagakan untuk mengawal aksi 22 Mei, tak terkecuali Komando Pasukan Khusus (Kopassus).

Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa mengatakan telah melakukan kesiapan kepada para jajaran anggota Kopassus untuk bersiaga saat aksi 22 Mei.

"Sekadar pemeriksaan kesiapan, saya sebagai pembina datang menemui jajaran rekan-rekan kopasus, mereka sudah sangat siap melaksanakan tugas untuk mengantisipasi sebagai cadangan.

Intinya, kami hanya ingin menyampaikan bahwa AD siap untuk ditugaskan apabila dibutuhkan sekalipun kami tetap berharap situasi dapat berjalan tertib," ucap Andika di Markas Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur, Senin (20/5/2019).

Andika enggan menjelaskan secara terperinci terkait lokasi penempatan anggota Kopassus saat aksi mendatang.

Namun demikian titik fokus pengamanan anggota TNI lainnya akan berada di sekitar Gedung KPU RI dan Bawaslu RI.

"Soal teknis gelarnya apakah kita di belakang, sejajar atau bagaimana saya yakin itu akan ditentukan bila situasi menentukan.

Tapi Kopassus seperti yang rekan lihat di sini kita stand by. Kita sudah diploting untuk beberapa titik. Tapi yang penting seperti KPU, Bawaslu, Istana itu ada. Tapi yang lainnya kita tidak bisa buka di sini," katanya.

Andika sangat mengharapkan agar salah satu pasukan elite terbaik di dunia ini tak perlu turun ke lapangan saat aksi 22 Mei mendatang.

Halaman
123
Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Mirmo Saptono
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved