Tip Otomotif

Jelang Mudik Lebaran, Pasang 'Roof Box' Asal-asalan Bisa Bikin Atap Mobil Jebol, Ikuti Saran Ini

Salah satu cara agar barang bawaan terangkut semua adalah menambah ruang kompartemen dengan memasang roof box di atap mobil.

Jelang Mudik Lebaran, Pasang 'Roof Box' Asal-asalan Bisa Bikin Atap Mobil Jebol, Ikuti Saran Ini
Medcom.id
ILUSTRASI Roof box 

"Untuk Toyota sendiri batas maksimum yang dianjurkan itu tidak boleh melebihi 75 kilogram (kg). Bila lebih bisa membuat atap mengalami deformasi atau perubahan bentuk, bahkan atap mobil bisa jebol."

SALAH satu keuntungan membawa mobil pribadi saat mudik Lebaran nanti adalah bisa membawa barang bawaan sesuai yang diinginkan.

Demi memenuhi itu, banyak cara yang dilakukan pemilik mobil untuk menyimpan barang bawaan ketika akan menumpuh perjalanan mudik ke kampung halaman.

Salah satu cara yang paling sering digunakan adalah menambah ruang kompartemen dengan memasang roof box di atap mobil.

Namun, ketika memasang roof box, kebanyakan pemilik mobil tidak memperhatikan mengenai berapa daya maksimum atap ketika membawa barang.

Awas, Mudik Pakai Mobil Pribadi Jangan Kelebihan Beban, Begini Cara Menghitungnya Agar Tak Overload

Jelang Mudik Lebaran, Kemudi Mobil Terasa Berat, Coba Cek Empat Komponen Berikut Ini

Pasalnya, jika berlebihan, bukan hanya berbahaya tapi juga bisa merusak atap mobil.

Menurut Technical Support Manager PT Toyota Astra Moto (TAM) Didi Ahadi, pada dasarnya atap mobil memiliki daya tahan terhadap suatu beban, namun memang kadarnya berbeda-beda.

"Baiknya balik lagi ke buku pedoman atau manual pada mobil masing-masing. Untuk Toyota sendiri batas maksimum yang dianjurkan itu tidak boleh melebihi 75 kilogram (kg)," tuturnya.

"Bila lebih bisa membuat atap mengalami deformasi atau perubahan bentuk, bahkan bisa jebol," ucap Didi kepada Kompas.com, Sabtu (18/5/2019).

Roof Rail yang sudah disediakan pada SUV untuk memasang Roof Box.
Roof Rail yang sudah disediakan pada SUV untuk memasang Roof Box. (www.hondapartsdeals.com)

Atap rusak

Saat membawa beban berlebih, maka dampaknya atap akan mengalami perubahan karena ditekan dengan beban yang tidak seharusnya dalam waktu yang cukup lama.

Kondisi ini tentu membuat atap rusak, selain itu masih ada kerugian jangka pendek yang langsung terasa, yakni mobil akan terasa berat dan boros bahan bakar, serta hilangnya daya handling saat bermanuver.

"Akan ada pergeseran saat bermanuver, karena otomatis mobil sudah tidak normal lagi kondisinya. Jadi saat akan pasang roof box perhatikan juga barang yang dibawa, lebih baik diisi dengan yang sifatnya ringan seperti baju dan lain-lain," papar Didi.

"Selain itu, pilih roof box yang bentuknya pipih agar tidak mengganggu aerodinamis mobil," imbuhnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Atap Mobil Bisa Jebol Pasang "Roof Box" Tanpa Aturan"

Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved