Habibie Ajak Semua Pihak Terima Hasil Pilpres 22 Mei, yang Tak Puas Disarankan Lewat Jalur Hukum

Memastikan demokrasi di Indonesia dapat terus berjalan dan menerima hasil pemilihan umum serentak yang akan diumumkan pada 22 Mei mendatang

Habibie Ajak Semua Pihak Terima Hasil Pilpres 22 Mei, yang Tak Puas Disarankan Lewat Jalur Hukum
Warta Kota/Herudin
BJ Habibie 

Jelang pengumuman hasil pemilihan umum ( pemilu) tanggal 22 Mei 2019, Presiden RI ketiga, BJ Habibie berpesan kepada seluruh bangsa untuk menerima hasilnya dengan bijak.

"Saudara-saudara sebangsa dan se-Tanah Air, saya berpesan kepada seluruh bangsa Indonesia untuk bersama-sama memastikan demokrasi di Indonesia dapat terus berjalan dan menerima hasil pemilihan umum serentak yang akan diumumkan pada 22 Mei mendatang," kata Habibie melalui akun YouTube The Habibie Center, Minggu (19/5/2019).

Ia yakin, semua pihak sudah paham bahwa yang tidak puas akan hasil pemilu harus menempuh jalur konstitusional dan menghindari tindakan yang dapat mempertajam perpecahan di masyarakat.

HEBOH Tur Jihad ke Jakarta dari Jatim Digagalkan: 44 Orang Sudah Daftar, Empat Pengaggasnya Ditahan

Cegah Massa Masuk Jakarta untuk Aksi Tanggal 22 Mei, Sweeping Dilakukan di Sejumlah Kota

BJ Habibie Jenguk Ani Yudhoyono, Ada Semangat di Matanya Meski Harus Transfusi Darah Tiap Hari

Dengan demikian, kata Habibie, stabilitas dan kepastian hukum dapat terjaga demi keberlanjutan pembangunan di tengah situasi regional dan global yang tidak kondusif.

Selain itu, ia berpesan untuk terus memperkuat ketahanan nasional.

"Dengan cara itulah kita dapat saling menjaga harkat dan martabat bersama sebagai sebuah bangsa semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan bimbingan dan petunjuknya kepada kita semua," ucap dia.

Prabowo Tolak Hasil Pilpres 22 Mei, Pemilu Selesai. Mahfud MD: Peluang Prabowo Cuma Tinggal Lewat MK

Dalam video berdurasi 8 menit itu, Habibie juga menyampaikan, jelang 21 tahun usia reformasi, semua pihak harus bisa bersyukur karena telah melewati berbagai tantangan untuk menuju konsolidasi demokrasi.

"Kita semua juga berharap bahwa demokrasi dan perdamaian akan tetap tumbuh berkembang di Indonesia," kata Habibie.

Sebelumnya, Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD mengatakan, dalam pertemuan BJ Habibie bersama tokoh-tokoh bangsa dan masyarakat, mantan presiden republik Indonesia ke-3 itu berpesan kepada seluruh lapisan masyarakat untuk mengawal pemilu.

Halaman
123
Editor: Wito Karyono
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved