WRC 2019

Indonesia Juara Dunia Arung Jeram

Indonesia adalah juara dunia arung jeram, setelah Timnas Indonesia U-23 Putri menjadi juara umum di Kejuaraan Arung Jeram Internasional 2019.

Indonesia adalah juara dunia di olahraga ekstrem arung jeram, setelah Timnas Indoneia U-23  Putri menyabet gelar juara umum di Kejuaraan Arung Jeram Internasional 2019.

Tujuh remaja putri dari tepi Sungai Citarik, Sukabumi ini bahkan mengalahkan tuan rumah Australia, yang lebih menguasai medan lomba di Sungai Tully di Cairns, negara bagian Queensland.

Untuk ketiga kalinya, lagu Indonesia Raya berkumandang di wilayah Cairns itu, mengiringi kibaran gagah bendera Merah Putih,

Kepastian kemenangan tim putri Indonesia ini diperoleh, setelah mereka memperoleh medali perunggu di nomor Down River Race (DRR), nomor terakhir yang diperlombakan di kejuaraan tersebut.

Tambahan 301 poin dari nomor tersebut membuat tim berjuluk Srikandi Sukabumi ini memiliki total nilai 943 poin, dan tidak mungkin disusul lagi oleh tim lainnya. Maka gelar juara umum pun di kelas U-23 Putri ini diraih oleh Indonesia.

"Hasil ini kami persembahkan untuk Indonesia. Alhamdulilah, pejuangan keras selama latihan, dan semangat pantang menyerah, serta teknik yang mantap membuahkan hasil terbaik," kata Aceng Supendi, pelatih Timnas U-23 Putri itu.

Hasil keseluruhan nomor untuk kelas U-23 Putri
Hasil keseluruhan nomor untuk kelas U-23 Putri (internationalrafting.com)

Wajar jika Aceng sangat bangga kepada para anak asuhnya itu, sebab mereka harus melalui berbagai rintangan untuk bisa sampai ke tepi Sungai Tully tersebut. Kendala biaya menjadi rintangan terbesar bagi Timnas Indonesia ini.

Bisa jadi, rintangan-rintangan tersebut adalah berkah terselubung, karena memunculkan motivasi bagi Lista Natasya Peniawati (19), Siti Nurranti (17), Selawati Solihin (18), Nita Karlina (20), Siwi Widiastuti (20), Andara Risma (17), dan Dhika Aulia Qotrunada (17) untuk menjadi juara.

Timnas Indonesia Arung Jeram U-23 Putri dengan platih Aceng Supendi
Timnas Indonesia Arung Jeram U-23 Putri dengan platih Aceng Supendi (FAJI)

Hasilnya, Lista dkk  memperoleh dua medali emas, sebuah perak, dan satu perunggu dari empat nomor yang dilombakan.

Emas pertama diraih Srikandi Sukabumi dari nomor Head to Head, setelah memenangi duel ketat dengan tim Selandia Baru.

Halaman
12
Penulis: AC Pingkan U
Editor: AC Pinkan Ulaan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved