Bulan Suci Ramadan

Festival Ramadan 2019 Bernuansa Betawi Bakal Hadir di Setu Babakan Jakarta Selatan

Festiva Ramadan tersebut ingin diperkenalkan kepada masyarakat luas khususnya generasi muda tentang budaya Betawi dan Ramadan.

Festival Ramadan 2019  Bernuansa Betawi Bakal Hadir di Setu Babakan Jakarta Selatan
Warta Kota/Feryanto Hadi
Ilustrasi pentas pencak silat betawi di Perkampungan Budaya Betawi (PBB) Setu Babakan di Jagakarsa, Jakarta Selatan, Selasa (5/2/2019). 

WARTA KOTA, KEBAYORAN BARU --- Pemerintah Kota Jakarta Selatan akan menggelar Festival Ramadan 1440 H bernuansa Betawi untuk mengisi Bulan Suci Ramadan kali ini.

Kegiatan tersebut akan diselenggarakan di Zona A UPK Perkampungan Budaya Betawi Situ Babakan, Kecamatan Jagakarsa, pada 17 Mei 2019 mendatang.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Jakarta Selatan Mukhlisin mengatakan, nuansa Betawi diangkat dalam tema Festival Ramadan 2019 ini.

Sejumlah atraksi kesenian juga akan ditampilkan selain stan-stan bazar yang menjual aneka makanan khas Ramadan dan khas Betawi.

Festiva Ramadan tersebut ingin diperkenalkan kepada masyarakat luas khususnya generasi muda tentang tradisi Betawi dan Ramadan.

"Kita ingin mengajak masyarakat lebih mengenal kebudayaan Betawi dalam menjalankan Bulan Suci Ramadan, dan juga berbagi kepada sesama melalui santunan, " kata Muchlisin di Kantor Wali Kota Jakarta Selatan, Rabu (15/5/2019).

Dari Tepian Sungai Kapuas, 259 Meriam Karbit Siap Getarkan Kota Pontianak di Festival Ramadan 2019

VIDEO: Sajian Kuliner di ITC Depok, Festival Ramadan Nusantara

"Festival kali ini kita mengambil tema 'Ngabuburitnya Orang Betawi'," katanya lagi.

Sementara itu, Kasudin Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Selatan Imron menambahkan, festival tersebut akan menghadirkan beragam kesenian religi bernuansa Betawi.

Pentas kesenian yang bakal tampil yakni hadroh, marawis dan teatrikal, yang bercerita tentang suasana kehidupan di perkampungan budaya Betawi dalam menjalankan Bulan Suci Ramadan.

"Penampilan teatrikal yang menampilkan masyarakat Betawi yang dikemas dalam bentuk cerita, dapat mengajak kita larut dalam suasana religi," kata Imron.

"Sebelum hari pelaksanaan juga akan ada arak ondel-ondel keliling kampung untuk mengajak masyarakat menyaksikan Festival Ramadan ini", katanya lagi.

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved