Aturan Baru Pedaftaran Peserta Didik Baru 2019, Anak Usia 5 Tahun Lebih 6 Bulan Boleh Daftar SD

"Tahun ini 5 tahun lebih 6 bulan boleh diterima asal ada rekomendasi psikolog"

Aturan Baru Pedaftaran Peserta Didik Baru 2019, Anak Usia 5 Tahun Lebih 6 Bulan Boleh Daftar SD
WARTA KOTA/ANDIKA PANDUWINATA
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tangerang Selatan, Taryono 

Sekarang ini anak yang ingin masuk Sekolah Dasar (SD) tidak harus berusia 6 atau 7 tahun. Dalam penyelenggaraan Pedaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) 2019, ada aturan baru yang memperbolehkan anak berusia 5 tahun sudah bisa didaftar.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Tangerang Selatan, Taryono, mengatakan, dalam PPDB 2019 memang terdapat perubahan pada usia pendaftar SD dibandingkan sebelumnya.

“Tahun lalu persyaratan masuk SD adalah 7 tahun, kemudian paling rendah 6 tahun, kalau 6 tahun harus rekomendasi psikolog,” kata Taryono saat dikonfirmasi, Rabu (15/5/2019) kepada Wartakotalive.com.

Taryono melanjutkan, pada PPDB 2019 ini, anak usia 5 tahun 6 bulan sudah bisa mendaftar SD dengan syarat-syarat yang harus dipenuhi. “Tahun ini 5 tahun lebih 6 bulan boleh diterima asal ada rekomendasi psikolog,” ucap Taryono.

Selain syarat rekomendasi psikolog, prioritas umur 7 tahun juga ditentukan dalam penerimaan PPDB tingkat SD.

Taryono memberi contoh, sekolah harus mengutamakan anak dengan umur maksimal 7 tahun.

Jika masih ada sisa bangku, maka anak umur 6 tahun baru dapat masuk SD tersebut. Jika masih tetap ada sisa, baru anak 5 tahun 6 bulan dapat masuk.

“Dasar seleksi SD adalah usia, kalau lebih tua diproriatiskan diterima, misal kalau masih kurang baru diterima yang 6 tahun, kalau kurang lagi boleh yang 5 tahun 6 bulan,” papar Taryono.

Tinggal sosialisasi

Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany sudah meneken Peraturan Wali Kota Nomor 2 Tahun 2019 tentang Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB).

Airin juga mengatakan, sudah dilakukan beberapa kali uji coba dalam PPDB 2019 ini. “Perwal sudah saya tanda tangan, tinggal dilakukan sosialisasi, sistem juga sudah beberapa kali uji coba, semoga semuanya lancar,” ucap Airin setelah memantau Bazar Ramadan di Serpong, Tangerang Selatan, Rabu (15/5/2019).

Perwal tersebut merupakan turunan dari Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 51 Tahun 2018 tentang PPDB.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangerang Selatan, Taryono, mengaku tengah mempersiapkan secara matang pra pendaftaran PPDB pada 24 Juni mendatang.

“Persiapan matang meliputi tiga hal, pertama regulasinya. Yang kedua meliputi sistem, jaringan internet, server, aplikasi yang menjadi kewenangan Dinas Kominfo, kami juga koordinasi dengan dinas dukcapil terkait NIK. Yang ketiga yang paling penting komitmen kita semua, agar PPDB berjalan dengan baik, sukses kondusif kita laksanakan PPDB sesuai aturan dan ketentuan,” jelas Taryono.

Penulis: Zaki Ari Setiawan
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved