Terapis Go Massage Kini Bisa Dilindungi BPJS Ketenagakerjaan

"Dulu saya kerja di Spa, sekarang pindah ke Go Massage. Nggak pernah kepikir sih bisa ikut program ini.

Terapis Go Massage Kini Bisa Dilindungi BPJS Ketenagakerjaan
Warta Kota
Pekerja Go Massage Bangga Bisa Ikut Program BPJS Ketenagakerjaan 

Wajah Istiqamah (43) berbingar. Seumur-umur, ia tak pernah membayangkan bakal ikut dalam program jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan.

Perempuan yang bekerja sebagai terapis di layanan Go Massage dari Gojek ini pun kini sudah resmi menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan usai menerima kartu peserta langsung dari Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Kebayoran Baru, Alan Lucy Patity di sela kegiatan buka bersama di kantor itu, Rabu (14/5/2019) petang.

"Dulu saya kerja di Spa, sekarang pindah ke Go Massage. Nggak pernah kepikir sih bisa ikut program ini. Kalau manfaatnya saya tahu karena ada tetangga yang dapat santunan besar dari BPJS Ketenagakerjaan," ujarnya di Kantor BPJS Ketenagakerjaan Kebayoran Baru, Jalan Raya RS Fatmawati, Jakarta Selatan.

Ibu dua anak ini mengaku, pekerjaan yang dilakoninya rawan resiko sosial. Sebab, tidak jarang ia mendapatkan order dari pelanggan malam hari. "Ya sejauh ini aman-aman saja, tapi saya selalu waspada karena memang ada klien yang kadang genit bahkan seram," ujarnya.

Alan Lucy Patity menambahkan, sebanyak ribuan pekerja di Go Life memutuskan bergabung dengan BPJS Ketenagakerjaan Kebayoran Baru setelah pihaknya gencar melakukan sosialisasi.

"Go Life sudah lama bekerja sama dengan kita. Kami sering melakukan sosialisasi manfaat. Dari situlah mereka bisa tahu program kita dan mereka bergabung. Hari ini kami serahkan empat kartu kepesertaan secara simbolis kepada empat orang dari Go Massage," ungkap Lucy didampingi Kepala Bidang Kepesertaan, Arif Budiman.

Peserta nantinya akan diikutkan dalam tiga program BPJS Ketenagakerjaan. Yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JK), dan Jaminan Hari Tua (JHT).

"Bahwa mereka memang bekerja untuk dirinya sendiri. Tapi mereka belum punya kemampuan untuk melindungi dirinya sendiri. BPJS Ketenagakerjaan melalui program GN-Lingkaran berusaha melindungi pekerja atas poetensi dan risiko yang bisa saja timbul dari aktivitas mereka," jelasnya

Kepala Bidang Kepesertaan, Arif Budiman menambahkan, penjaringan pekerja di Go Life sebagai upaya meningkatkan jumlah kepesertaan khususnya dari sektor bukan penerima upah atau informal.

"Go Life ini juga memiliki potensi kepesertaan yang cukup besar. Ada 1000 orang dari Go Life yang sudah bergabung menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan di cabang kami. Ini adalah upaya kami untuk memperluas kepesertaan sektor BPU," ungkapnya.

Buka puasa bersama

Usai mendapatkan kartu kepesertaan, para pekerja Go Massage diajak berbuka puasa bersama para pimpinan dan karyawan BPJS Ketenagakerjaan Kebayoran Baru.

Lucy menambahkan, buk bersama sebagai bentuk silaturahmi karyawan bersama para peserta baru dari Go Massage.

"Semua karyawan kami ikut dalam kegiatan buka puasa bersama ini untuk mempererat silaturahmi dan kekompakan. Sekaligus kami mengajak kawan-kawan dari Go Life untuk merasakan kebahagiaan bersama di bulan Ramadan kali ini," ungkapnya

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved