Liga 1 2019

Cegah Kecurangan, Operator Liga 1 Bentuk Badan Independen Untuk Pilih Wasit dan Hakim Garis

Operator Liga 1, PT Liga Indonesia Baru membentuk badan independen untuk memilih wasit yang akan bertugas memimpin pertandingan di Liga 1 2019.

Cegah Kecurangan, Operator Liga 1 Bentuk Badan Independen Untuk Pilih Wasit dan Hakim Garis
Warta Kota/Gisesya Ranggawari
Direktur Utama PT LIB, Dirk Soplanit pada launching Liga 1 2019, Senin (13/5/2019) di SCTV Tower, Senayan, Jakarta Pusat.

Operator Liga 1, PT Liga Indonesia Baru (LIB) membentuk badan independen untuk menekan kemungkinan terjadinya kecurangan dalam Liga 1 2019.

LIB sangat serius mengatasi adanya praktik kecurangan di Liga 1 2019, salah satunya adalah pengaturan skor yang menjadi biang keladi.

Elemen penting yang menjadi faktor penentu urusan praktik kotor itu adalah perangkat pertandingan dalam hal ini wasit utama bersama asisten wasit dan hakim garis.

Satgas Antimafia Bola Dalami Keterkaitan Pengaturan Skor dengan Judi Bola

Direncanakan pada pertengahan kompetisi bergulir, kinerja wasit dan penugasan wasit nantinya akan dikoreksi serta dipilih langsung oleh badan independen di luar PSSI dan LIB yang sudah disiapkan.

"Salah satu hal sorotan banyak pihak, soal wasit. Mungkin mendekati pertengahan kompetisi akan pakai badan independen untuk kelola wasit," kata Direktur Utama PT LIB, Dirk Soplanit, Selasa (14/5/2019).

"Jadi kalau selama ini wasit diatur dan ditugaskan oleh PSSI, kali ini PSSI dan LIB tidak ikut campur, semua dikelola oleh badan independen," imbuh Dirk.

Jelang Liga 1 2019, Kualitas Lampu Penerangan Stadion Jadi Perhatian PT Liga Indonesia Baru

Dirk menilai itu adalah salah satu upaya untuk berbenah dari kompetisi musim lalu yang menjadi sorotan karena ditimpa isu pengaturan skor dan penyuapan terhadap wasit Liga.

Lebih lanjut, eks Direktur Utama Bank Maluku itu juga menekankan perubahan ini sebagai salah satu bentuk pertanggungjawaban PT LIB terhadap sorotan musim lalu.

Pemain sayap Persija Jakarta Riko Simanjuntak tengah melewati pemain Bali United Ricky Fajrin.
Pemain sayap Persija Jakarta Riko Simanjuntak tengah melewati pemain Bali United Ricky Fajrin. (persija.id)

"Upaya yang dilakukan minimal ada pertanggungjawaban kita terhadap berbagai sorotan. Daripada kita ulang seperti yang lalu, ini ada yang baru kita lakukan," ucap pria berkacamata itu.

Sementara itu Dirk menjelaskan, tugaa badan independen wasit ini nantinya hanya memilih dan menugaskan wasit, tidak memberikan sanksi jika ada yang melanggar.

Duga Masih Ada Pengaturan Skor di Piala Presiden 2019, Akmal Harap Ada OTT Oleh Satgas

Untuk urusan sanksi, wasit dan perangkat pertandingan masih akan berurusan dengan Komisi Disiplin yang dibentuk oleh PSSI.

"Konsekuensi ada di perangkat Komisi Disiplin. Badan independen ini akan 100 persen menilai kinerja wasit, mana yang mau ditugaskan, mana istirahat, mana tidak. Jadi PSSI nggak ikut campur," jelas Dirk.

Laga Persija Jakarta vs Persib Bandung Dapat Rating Share Tertinggi di Liga 1 2018

Pertandingan pembuka Liga 1 2019 sendiri akan digelar pada Rabu (15/5/2019) besok yang mempertemukan PSS Sleman melawan Arema Malang di Stadion Maguwoharjo, Sleman, DIY. (M17)

Penulis: Gisesya Ranggawari
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved