Eksklusif Warta Kota

11 Jalur Mudik di Kota Bekasi Rusak Parah, Ada 4 Proyek yang Ditanggung

Menjelang mudik lebaran ada 11 jalu di Kota Bekasi yang rusak parah. Wali Kota Rahmat Effendi membeberkannya kepada Warta Kota

WARTA KOTA/MUHAMAD AZZAM
Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi di rumah dinasnya, Kamis (13/9/2018). 

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi angkat bicara soal adanya 11 jalur mudik di daerah Bekasi yang rusak parah.

Adapun 11 jalur mudik di Kota Bekasi itu adalah Jalan KH. Noer Ali Kalimalang, Jalan Sultan Agung, Jalan Sudirman, Jalan Djuanda, Jalan Cut Meutia, Jalan M. Hasibuan, Jalan Ahmad Yani, Jalan Chairil Anwar, Jalan Pekayon-Pondok Gede, Jalan I Gusti Ngurah Rai dan Jalan Raya Narogong.

Kepada wartawan Warta Kota Fitriyandi Al Fajri, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi membeberkan alasan ruas jalannya kerap rusak. Berikut petikan wawancaranya:

Setiap tahun ruas jalur mudik di Kota Bekasi selalu mengalami kerusakan. Sebetulnya apa penyebab utama kerusakan jalan tersebut?

Jalan itu kan ditentukan pada beban, nah beban di Kota Bekasi itu gimana? Beban di Kota Bekasi ini luar biasa, karena kita menanggung empat proyek strategis nasional (PSN).

Misalnya di Jalan KH Noer Ali Kalimalang itu harus menanggung limpahan kemacetan di ruas Tol Jakarta-Cikampek karena adanya pembangunan Tol Jakarta-Cikampek Elevated, kereta cepat Jakarta-Bandung, Light Rail Transit (LRT), bahkan ada Becakayu (Bekasi-Cawang-Kampung Melayu).

Netizen Buat Video Kritikan Jalan Rusak Babelan Isinya Tampar Keras Pemkab Bekasi

Seberapa besar dampak dari PSN dan upaya Pemerintah Kota Bekasi?

Kelebihan beban muatan ini tentu berpengaruh terhadap kekuatan jalan, karena kendaraan yang terjebak macet di ruas tol pasti akan keluar ke jalan arteri di Kota Bekasi.

Tidak hanya itu, proyek nasional juga membutuhkan alat berat dan kendaraan berat yang berpengaruh terhadap beban jalan.

Ditambah, jumlah kendaraan di Kota Bekasi juga sangat banyak.

Bisa dilihat dari tingginya penghasil Pajak Kendaraan dan Bea Balik Nama Kendaraan (PKB-BBNKB) kita ke provinsi, tembus sekitar Rp 2 triliun.

Setiap jalan di Kota Bekasi juga memiliki kelas, ada yang berstatus nasional, provinsi dan kota.

Untuk kelas nasional itu kewenangan Kementerian PUPR dan kita sudah melayangkan surat ke sana, begitu pula jalan yang berstatus provinsi kita sudah sampaikan ke sana.

Sebelum Ramadan, beberapa ruas jalur mudik di Kota Bekasi sudah rusak dan kenapa tidak segera diperbaiki?

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved