Breaking News:

Rizal Ramli Ungkap Pemimpin Harus Utamakan Keinginan Rakyat seperti Soekarno, Soeharto, dan Gus Dur

Sejatinya, para pemimpin sekarang ini harus belajar banyak dari para pendahulunya.

Penulis: Gede Moenanto | Editor: Gede Moenanto
Tribunnews
Ekonom Rizal Ramli 

Tokoh nasional, Rizal Ramli mengingatkan bahwa pemimpin yang memiliki ambisi dalam melanggengkan kekuasaan dengan cara curang, sesungguhnya sudah tak memiliki hati lagi pada rakyatnya.

Sejatinya, para pemimpin sekarang ini harus belajar banyak dari para pendahulunya.

Rizal Ramli-pun mencontohkan sikap bijaksana yang ditujukan Presiden RI ke-1, Soekarno yang legowo mundur dari singgasana saat masyarakat telah terbelah antara yang pro dan kontra terhadap Sang Proklamator.

"Seandainya, Bung Karno putuskan untuk melawan Soeharto waktu itu, Soekarno masih bisa menang loh, karena Angkatan Laut sama dia, Angkatan Udara sama dia, Angkatan Darat masih banyak yang loyal sama dia, rakyat biasa juga banyak yang sangat loyal sama Bung Karno," kata Rizal Ramli dalam keterangannya di Jakarta, Senin (13/5/2019).

"Artinya, kalau dia (Soekarno) perintahkan lawan Soeharto, Soekarno tetap bisa bertahan. Tapi, karena Soekarno tahu kalau ambil keputusan itu, korban dari rakyat pasti banyak banget, sehingga akhirnya Bung Karno legowo."

"Ya, dia akhirnya ditahan, ditangkap dan sebagainya," tukas mantan Menko Ekuin era pemerintahan Presiden RI ke-4, Abdurrahman Wahid alias Gus Dur itu.

Kemudian, sambung Rizal Ramli, Presiden RI ke-2, Soeharto di akhir masa kepemimpinannya-pun menyadari bahwa rakyat sudah tak lagi menghendakinya untuk berkuasa.

Namun, memang kesadaran itu muncul saat terjadi huru hara di beberapa daerah, termasuk DKI Jakarta pada Mei 1998.

Meski berkuasa dan ABRI masih dibawah kendalinya, alih-alih Soeharto legowo untuk mundur.

"Soeharto waktu pulang dari Mesir, situasi di Indonesia sudah karut marut."

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved