KPU Pusat Perpanjangan Rekapitulasi Suara Provinsi Hingga Tiga Hari ke Depan

Tambahan waktu ditetapkan sebanyak tiga hari, yakni hingga Rabu (15/5/2019) mendatang.

KPU Pusat Perpanjangan Rekapitulasi Suara Provinsi Hingga Tiga Hari ke Depan
Warta Kota/Muhamad Azzam
Ilustrasi. Komisioner KPU RI, Ilham Saputra 

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia, Ilham Saputra menyebutkan, pihaknya memberikan tambahan waktu atas rekapitulasi suara tingkat provinsi seluruh Indonesia.

Tambahan waktu ditetapkan sebanyak tiga hari, yakni hingga Rabu (15/5/2019) mendatang.

Terkait hal tersebut, pihaknya telah mengirimkan surat edaran kepada sejumlah KPU Provinsi untuk segera merampungkan rekapitulasi paling lambat tiga hari ke depan.

Sebab, diketahui terdapat 30 persen KPU provinsi yang terlambat dari tenggat yang ditetapkan, yakni pada Minggu (12/5/2019).

Walau begitu, diungkapkannya terdapat sembilan KPU Provinsi yang telah merampungkan rekapitulasi suara.

Sembilan provinsi tersebut pun telah disahkan pihaknya dalam rekapitulasi nasional.

"Saya bisa katakan sudah hampir 70% lebih yang sudah selesai menyelesaikan (rekapitulasi provinsi) tepat waktu pada tanggal 12 Mei 2019," ujarnya kepada wartawan di Gedung KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat pada Senin (13/5/2019).

Kabar terbaru, lanjutnya, Provinsi Kalimantan Timur, Jawa Barat dan Jawa Tengah telah menyelesaikan rekapitulasi suara tingkat provinsi pada pagi tadi, Senin (13/5/2019).

Sehingga, dirinya yakin, jika tenggat selama tiga hari cukup dalam mengejar keterlambatan.

"Yang jumlah pemilihnya besar, Insya Allah hampir semua selesai. Sisanya sekitar 60 persen lebih llah (rampung rekapitulasi provinsi). Tapi yang belum seperti Sumatera Utara kemudian Sumatera Barat," jelasnya.

Menyoal keterlambatan KPU Provinsi DKI Jakarta menyelesaikan rekapitulasi suara tingkat provinsi, Ilham menyebut alasan utama adalah proses rekapitulasi suara yang belum selesai pada tingkat Kotamadya, bahkan perhitungan suara tingkat Kecamatan.

"DKI masih ada 1.400 TPS yang belum selesai perhitungan suaranya, di Cakung misalnya masih berproses."

"Tapi, Insya Allah, besok atau hari ini sudah selesai untuk kemudian rekap di Cakung dan kemudian dibacakan di kabupaten dan langsung dibacakan di provinsi DKI," jelas Ilham.

"Seperti di Bekasi, Tambun selatan misalnya, tadi malam belum selsai. Tapi pagi sudah selesai dan langsung dibawa ke Bandung untuk dibacakan oleh Kabupaten Bekasi," katanya.

Penulis: Dwi Rizki
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved