Berita Jakarta

Dishub DKI: Penutupan Perlintasan Pasar Enjo dan Cakung untuk Minimalkan Korban Tertabrak Kereta

Dishub DKI mengaku telah mensosialisasikan penutupan perlintasan sebidang Kereta Api di Pasar Enjo Jati Negara Pisangan Lama dan Pasar Cakung Jakarta.

Dishub DKI: Penutupan Perlintasan Pasar Enjo dan Cakung untuk Minimalkan Korban Tertabrak Kereta
Wartakotalive.com/Rangga Baskoro
Perlintasan sebidang di Jalan Pisangan Lama, dekat Halte Bus TransJakarta Pasar Enjo, Jakarta Timur, belum akan ditutup meski DDT diujicoba, Jumat (12/4/2019) esok hari 

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pehubungan DKI Jakarta Sigit Wijatmoko mengaku telah mensosialisasikan penutupan perlintasan sebidang Kereta Api di Pasar Enjo Jati Negara Pisangan Lama dan Pasar Cakung Jakarta.

ADAPUN penutupan perlintasan ini sudah dilakukan sejak Sabtu, (11/5/2019) lalu.

Ia menyebut penutupan dua perlintasan ini merupakan bagian dari rencana penutupan 19 perlintasan sebidang kereta yang tersebar di Jakarta yang sudah di lakukan secara bertahap sejak 2017 lalu.

"Sejak 2017 itu sudah ada penahapan terkait 19 lintasan sebidang di wilayah DKI Jakarta yang harus ditutup," ujar Sigit saat di Konfirmasi, Senin (13/5/2019).

Alasan Dishub DKI menutup perlintasan sebidang ini, untuk meminimalisir korban yang tertabrak atau terseret kereta saat sedang menyeberang.

 Terkejut Dituduh Perekam Video Penggal Kepala Presiden, Guru Ini Khawatir Jadi Sasaran Kemarahan

 Andre Taulany Dirindukan Sule, Sempat Disumpah Serapah Jihan Fahira Hingga Diberi Nasihat

 VIRAL Kisah Naja Lumpuh Otak Sejak Lahir yang Sanggup Hafal 30 Juz Alquran Dalam 10 Bulan

 Perempuan yang Merekam Video Pemuda Ancam Penggal Kepala Jokowi Turut Dilaporkan ke Polisi

"Ini adalah amanat dari Undang-undang nomor 23 tahun 2007, tentang perkereta apian, khususnya di aspek keselamatan," ungkap Sigit.

Selain karena aspek keselamatan, penutupan perlintasan sebidang ini juga karena alasan efisiensi pengoperasian kereta.

"Kalau tidak ditutup, maka akan sangat tidak efisien baik bagi kereta api, maupun bagi pengendara yang lain jika ada perlintasan sebidang," kata Sigit.

Tak hanya melakukan penutupan perlintasan sebidang, namun pihaknya juga telah mensiagakan petugas didua kawasan ini untuk melakukan rekayasa lalu lintas untuk menghindari kemacetan imbas dari kebijakan ini.

Perlintasan kereta sebidang di Stasiun Cakung ditutup pada Sabtu (11/5/2019). Tidak hanya pengendara Pulogebang, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur saja yang kesulitan namun pengendara dari Bintara, Kecamatan Bekasi Barat, Kota Bekasi juga kesulitan sehingga harus mencari rute lain.
Perlintasan kereta sebidang di Stasiun Cakung ditutup pada Sabtu (11/5/2019). Tidak hanya pengendara Pulogebang, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur saja yang kesulitan namun pengendara dari Bintara, Kecamatan Bekasi Barat, Kota Bekasi juga kesulitan sehingga harus mencari rute lain. (Warta Kota/Fitriyandi Al Fajri)

"Sosialisasi tidak cuma sekedar melaksanakan informasi terkait penutupan palang pintu rel kereta api saja, tapi juga bagaimana nanti rekayasa lalu lintasnya, nah kita juga sudah sampaikan sejak 2017 kok," ungkap Sigit. (M16)

Halaman
1234
Penulis: Anggie Lianda Putri
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved